6 Penyebab Berat Badan Susah Turun

 

 

 

Mempunyai berat badan yang ideal dan sehat tentu menjadi keinginan setiap orang. Bukan sekedar menunjang penampilan, mempunyai tubuh yang ideal dan sehat tentu dapat mengurangi berbagai risiko penyakit yang bisa mengancam. 

 

Selain itu, mempunyai tubuh yang ideal sesuai dengan tinggi badan akan memudahkan Anda untuk bergerak dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

 

Dengan begitu, tidak heran jika banyak orang saat ini mulai mengontrol dan memperhatikan berat badan. Termasuk, orang-orang yang mempunyai kelebihan berat badan berusaha untuk mengatur diet dan menjalankan olahraga teratur untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Namun, tidak sedikit pula orang yang masih sulit menurunkan berat badan meskipun telah melakukan berbagai macam cara. 

 

Jika kita termasuk salah satunya, terdapat beberapa penyebab berat badan susah turun yang perlu diketahui. Dalam hal ini, kita perlu melihat kembali usaha yang telah dilakukan. 

 

Seperti bagaimana kita mengatur pola makan dengan baik, berolahraga secara teratur, hingga gaya hidup dan lingkungan sekitar kita yang kurang mendukung. 

 

Beberapa alasan ini bisa menjadi koreksi apakah usaha menurunkan berat badan yang dilakukan sudah tepat atau justru tidak berpengaruh apa-apa. 

 

Dilansir dari situs Verywell Fit, berikut kami merangkum beberapa penyebab berat badan susah turun yang perlu menjadi perhatian kita. 

 

 

 

Motivasi Diri 

 

 

 

Boldsky. com 

Penyebab berat badan susah turun yang pertama bisa berasal dari motivasi diri yang tidak ditetapkan dengan jelas. Dalam hal ini, kita perlu mempunyai tujuan yang jelas mengapa ingin melakukan penurunan berat badan. Dengan mempunyai tujuan yang jelas tentu dapat memberikan dorongan lebih untuk melakukan program diet dengan konsisten. 

 

Menurunkan berat badan memang membutuhkan waktu yang tidak singkat, dengan begitu kita perlu terus memberikan motivasi diri selama menjalani program tersebut. Salah satunya bisa dengan mencari banyak alasan agar mendapatkan tubuh yang sehat. 

 

Ingatkan diri sendiri pada manfaat berolahraga seperti untuk mengontrol berat badan, menambah energi tubuh, meningkatkan suasana hati lebih baik, hingga mendapatkan kualitas tidur yang baik. 

 

Kita bisa membuat jurnal olahraga dan mencatat setiap keberhasilan yang telah didapat. Dengan begitu, secara tidak langsung akan membantu Anda memotivasi diri untuk terus melakukan usaha secara konsisten. 

 

 

 

Latihan Fisik 

 

 

Penyebab berat badan susah turun berikutnya bisa jadi karena latihan fisik yang tidak dilakukan secara teratur. Seperti yang diketahui, menurunkan berat badan tidak bisa dilakukan hanya dengan mengatur pola makan saja. Kita juga perlu melakukan olahraga dengan teratur untuk mengontrol perkembangan berat badan. 

 

Tidak perlu menghabiskan waktu lama di tempat gym untuk berolahraga, cukup dengan membuat jadwal olahraga secara teratur setiap minggunya. Meskipun tidak mudah, namun jika dilakukan dengan rutin maka akan tumbuh kebiasaan tersendiri, sehingga aktivitas olahraga pun mudah dilakukan. 

 

Menurut pedoman dan saran ahli, setidaknya kita perlu melakukan 150 menit latihan dengan intensitas sedang atau 75 menit dengan aktivitas aerobik intensitas tinggi per minggu. Dalam hal ini, kita bisa membuat jurnal olahraga untuk mengatur jadwal dan mencatat perkembangan dan keberhasilan yang telah didapatkan.

 

 

 

Pola Diet 

 

 

JMax Fitness 

Penyebab berat badan susah turun selanjutnya bisa datang dari faktor pola diet yang tidak sehat. Saat menjalani program penurunan berat badan, maka kita perlu menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.  

 

Bukan hanya itu, kita juga perlu menghindari konsumsi makanan olahan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Untuk menjaga pola makan yang sehat, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan, yaitu sebagai berikut : 

 

 

 

Membuat jurnal makanan untuk mengatur pola diet sehari-hari 

 

Sering membaca label makanan untuk menghindari konsumsi makanan dengan kandungan tertentu yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan 

 

Menyiapkan makanan sendiri dan mengurangi konsumsi makanan olahan yang dijual bebas 

  

Mengatur ukuran porsi makan yang tepat  

 

 

 

 

 

Gaya Hidup 

 

 

Penyebab berat badan susah turun juga bisa datang dari gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan sembarangan, bermalas-malasan, dan jarang berolahraga bisa menjadi pemicu kenaikan berat badan yang tidak terkontrol.
Dengan begitu, kitabharus mulai mengubah kebiasaan ini pada gaya hidup yang lebih sehat. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan : 

 

 

 

 

Bangun lebih awal untuk berolahraga atau menyiapkan makan siang, atau juga memanfaatkan waktu luang untuk berjalan-jalan daripada hanya duduk. 

 

Mengurangi keinginan bermalas-malasan di depan TV atau menghabiskan banyak waktu di depan komputer. Sebab tubuh yang jarang bergerak dapat mendukung kenaikan berat badan. 

 

Bersihkan dapur dari makanan junk food yang disimpan. Kita harus mengatur lingkungan sekitar untuk mendukung program penurunan berat badan yang sedang dilakukan. 

 

 

 

 

Lingkungan Sekitar 

 

 

©Pixabay 

Penyebab berat badan susah turun juga bisa merupakan akibat dari lingkungan sekitar yang tidak mendukung. Tentu akan sulit bagi kita jika teman-teman di kantor sering membawa makanan junk food, atau lokasi kantor yang berdekatan dengan tempat makan yang menyajikan berbagai macam hidangan menu olahan lezat. 

 

Kelilingi diri kita dengan hal-hal yang mendukung upaya penurunan berat badan yang sedang dijalankan. 

  

Kita bisa meminta teman untuk mengingatkan agar tetap konsisten menjalankan program diet dan gaya hidup sehat. 

  

Kita juga perlu memotivasi diri untuk terus melakukan usaha dengan baik demi mencapai tujuan yang diinginkan. 

 

 

 

Kurang Fleksibel 

 

 

Penyebab berat badan susah turun yang terakhir mungkin karena kita kurang fleksibel. 

  

Harus diakui, terdapat berbagai macam kegiatan keseharian yang memaksa kita meninggalkan jadwal olahraga yang telah ditetapkan. Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak bisa melakukan apa-apa. 

 

Kita bisa menyimpan sepatu olahraga di mobil dan berhenti di taman untuk berjalan-jalan sebentar di tengah kesibukan. Jika tidak bisa melakukan latihan fisik secara penuh, kita cukup meluangkan waktu 10 menit agar tubuh tetap bergerak. Dengan begitu kita tidak akan merasa gagal dan menyerah begitu saja. 

 

 

Good luck !

 

 

 

 

Makanan tinggi kalori

 

Efek buruk konsumsi gula berlebih

 

Mana yang lebih penting? Makan sehat atau berolahraga?