Air Kehidupan, By Erikar

 

  

 

Pertama kali saya mengenal air kangen dari buku “Miracle of Enzyme” karangan Dokter Hiromi Shinya. Tapi karena hanya disebut secara singkat di sana, saya masih belum terlalu ‘ngeh’ dengan apa yang beliau maksud. Penasaran tentunya, tapi belum tergerak untuk mencari tahu lebih jauh. 

 

Belakangan penerbit buku beliau lainnya, PT. Qanita dari Mizan korporasi, yang juga menerbitkan buku-buku saya, meminta menulis semacam kata pengantar bagi karya beliau yang lain “Keajaiban Enzim Awet Muda”, dan saya dikirimi naskah untuk direview. Tak disangka di dalamnya terdapat satu bab penuh berisi tentang air Kangen. Wow! Saya seperti mendapatkan perintah beliau langsung untuk memiliki mesin pemrosesnya sesegera mungkin.  

   

 

 

Buku The Miracle of Enzyme 

 

 

Mengutip salah satu pejabat pemerintah kesehatan Indonesia, Dr Siti Fadilah Supari:  “Dr. Shinya itu seperti dokternya dokter, apa yang dia lakukan sebaiknya juga kita lakukan” Beliau menceritakan ia memiliki dua mesin sekaligus, satu di rumah dan satu di kliniknya. Bila beliau dengan antusias menceritakan seperti itu, apa yang menghalangi saya melakukan hal sama? 

 

Dr Siti Supari & kangen water

 

 

  

Air Pendukung Utama Kesehatan   

 

Sejatinya air adalah elemen mendasar kehidupan. Hampir di setiap pencarian kehidupan di luar bumi, penjelajahan galaksi, untuk setiap penelitian di planet lain, hal mendasar yang menjadi pertanyaan tentang adanya kemungkinan kehidupan di sana, adalah “Adakah ketersediaan air?” Tanpa air hampir mustahil ada kehidupan. 

 

Hal sama terjadi dalam tubuh manusia, sebagai mahluk hidup, air memegang salah satu peranan terpenting dalam kehidupan. Ia memang memiliki banyak fungsi dalam tubuh manusia, tetapi fungsi terbesarnya adalah persyaratan utama terjadinya metabolisme. Atau semua reaksi kimia yang membuat tubuh manusia berfungsi. Air juga menjadi modal utama bagi lancarnya aliran darah. Tanpa air, mustahil darah bisa bekerja normal. Tanpa darah, manusia tidak akan memiliki kehidupan.

   

 

Sejak kecil kita didoktrin dengan pengetahuan yang mengatakan kurang lebih 75% tubuh manusia terdiri dari air, sehingga kita sedari awal paham betapa pentingnya menjaga hidrasi, pengairan, tubuh. Sayangnya seiring perjalanan waktu doktrin tersebut menghilang dari benak. Banyak yang sangsi saat mengatakan tubuh manusia terdiri dari air, mengingat mayoritas tubuh manusia berbentuk solid. Mereka melupakan bahwa sel, pembangun paling mendasar tubuh manusia, adalah substansi yang sangat-sangat lunak dan didominasi oleh cairan. Sering sekali ditemukan kondisi di mana kita mengabaikan tersedianya pasokan air yang baik sesuai kebutuhan tubuh, Semisal kita baru minum saat merasa haus. Padahal haus adalah momen di mana tubuh sudah putus asa mengalami dehidrasi, kekeringan, dan kerusakan pada level selular sudah mulai terjadi. Kita juga sering mengairi tubuh dengan materi cairan yang salah dan tidak sesuai kebutuhan, bahkan memberi efek lebih buruk. Semisal rutin minum kopi, teh, dan (apalagi) alkohol. Bukannya memberi efek pasokan air, yang terjadi sifat diuretik, membuang cairan, yang menjadi bawaan unsur-unsur tadi malah mengurangi cadangan cairan tubuh. 

 

Seorang dokter Iran, Fereydon Batmanhelidj, menulis sebuah buku kesehatan yang cukup populer, “You’re Not Sick You’re Thirsty” (Anda tidak sakit, Anda kehausan), di sini dia memaparkan banyak sekali masalah penyakit yang populer, dari mulai ringan hingga berat acapkali dimulai dari kelalaian seseorang minum secara rutin dengan benar. Menurut beliau, air adalah soko guru, pendukung utama, kesehatan. Bila diasup dengan benar menjadikan penyakit tidak mudah bisa menyerang.   

 

 

You are not sick, you are thirsty 

 

 

 

 

Benarkah Menyembuhkan? 

 

Kembali ke masalah air Kangen. Benarkah ia sebaik itu? Satu hal yang harus diingat, dan sisi ini banyak sekali dilupakan, kesehatan kita sebenarnya sering dirusak oleh masalah oksidasi atau radikal bebas. Fenomena alam perusakan yang dilakukan oksigen saat ia bersentuhan dengan sel. Kita dihidupi oleh oksigen, tapi perlahan kita juga dibunuh oleh oksigen. Perjalanan waktu membuat kita memiliki aktivitas, makanan, minuman dan lain-lain faktor yang memasukkan oksigen dalam kadar berlebihan ke dalam tubuh. Sehingga oksidasi terjadi lebih banyak.  

 

 

Mesin pemroses air Kangen menduplikasi air-air alami yang terkenal di seluruh dunia dan sarat akan antioksidan, penangkal oksidasi tubuh. Air Zam-Zam di Arab Saudi, air Lourdesdi Perancis, air Tlacote di Mexico dan lain sebagainya di beragam penjuru dunia telah dikenal turun temurun memiliki kemampuan menyembuhkan dan menyehatkan bila diminum secara rutin. Penelitian bertahun-tahun yang dilakukan di Jepang, menghasilkan mesin pemroses yang menggunakan listrik dan media titanium pilihan terbaik untuk menghasilkan produk air serupa yang kaya akan antioksidan, pembentuk basa, serta kumpulan molekul kecil yang sangat sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia. Itu sebabnya secara harfian Kangen berarti kembali ke alam, kembali kepada jenis air yang dibutuhkan manusia. Air yang telah diberi perlakukan secara elektris dapat mengandung lebih banyak mineral. Kerusakan sel akibat oksidasi, bisa ditekan dengan air Kangen yang tinggi antioksidan dan menghilangkan radikal bebas.

 

Tapi benarkah air Kangen punya kemampuan menyembuhkan? Sebelumnya kita harus memisahkan kata penyembuhan dan kesehatan terlebih dahulu. Penyembuhan adalah sembuh dari sebuah penyakit. Seringkali di usia tertentu, sekedar sembuh dari sakit belum tentu merepresentasikan kondisi sehat. Anda bisa saja pulih dari satu penyakit, tapi bisa jadi Anda tetap lemah dan tidak bugar, atau bahkan segera berpindah ke penyakit baru. Bisa juga Anda sembuh dari sakit, tapi karena tidak sehat, tubuh lemah dan menjalani hidup jauh dari berkualitas. Sejatinya sehat itu bukan sekedar sembuh dari sakit. 

 

Sehat adalah kondisi di mana tubuh memiliki kemampuan daya tahan yang tinggi sehingga penyakit sulit menyerang. Tubuh sehat juga memiliki kemampuan tinggi untuk menyembuhkan diri sendiri atau setidaknya pulih dari sakit secara cepat. Sehat juga membuat kualitas hidup ada di level maksimal. Bicara kesehatan, kita tentunya juga bicara perawatan. Di sini konsumsi rutin air kangen yang keluar segar dari mesin menjadi isu utama. Kandungan antioksidan tinggi, sifat pembentuk basa, dan satuan molekulnya yang kecil adalah modal utama yang dapat membantu tubuh menjaga kesehatannya secara optimal. Menjadi sehat adalah tujuan utama kita mengkonsumsi air kangen sesegar mungkin dari mesin yang terawat baik.

 

Jadi air Kangen tidak menyembuhkan? Dalam beberapa kasus, tubuh yang sakit dan ‘dibuat’ sehat, memang sanggup menyembuhkan diri sendiri. Di sini mungkin air Kangen sering salah diartikan sebagai obat mujarab. Masalah serius bisa muncul, bila air Kangen diminum saat sakit, lalu kesembuhan terjadi. Bukannya serius menjaga kesehatan, malah air Kangen dijadikan andalan seperti obat mujarab, tapi niat untuk merawat kesehatan tidak dimiliki. Pola hidup kembali seperti lama, makan seenaknya, yang besar kemungkinan adalah penyebab penyakitnya. Lalu minum air Kangen pun hanya saat sakit saja. Bukan dilakukan sebagai sebuah tindakan rutin harian  

 

 

 

 

 

Antioksidan Harta Tak Ternilaikan  

 

Tidak banyak dari kita yang mengetahui betapa merusaknya oksidasi berlebihan dalam kehidupan. Radikal bebas yang masuk ke tubuh manusia melebihi apa yang biasa diterima nenek moyang kita. Kerusakan molekul yang terjadi akibat gaya hidup modern bagi kesehatan. Betapa sistem pertahanan tubuh dilemahkan oleh apa yang dimakan dan diminum, terutama via industri komersil makanan yang semakin buruk dari hari ke hari. Konyolnya pola makan sejati manusia yang kaya akan antioksidan penangkal perusakan oksidasi makin berkurang dari hari ke hari. Kesegaran makanan yang tumbuh dari tanah sebagai pencegah perusakan radikal bebas makin jarang dilakukan. Dan lebih sedihnya lagi, air yang kaya dengan antioksidan juga semakin ditinggalkan oleh manusia, penggila gaya hidup sehat sekalipun. Padahal minum jauh lebih mudah dilakukan dan frekuentif ketimbang makanan. 

 

Mesin air Kangen sebenarnya adalah jawaban instan bagi semua masalah tadi. Saat elektrolisis, proses pemberian listrik pada air, terjadi, hidrogen aktif diproduksi, yang bekerja untuk menghilangkan radikal bebas berlebih dari dalam tubuh dalam kapasitas luar biasa maksimal. Saat antioksidan tinggi masuk dalam diri seseorang, kerusakan sel bisa dicegah, bahkan memicu perbaikan di sana-sini. Tanpa disadari antioksidan yang dikandung dalam air Kangen, adalah harta tak ternilai bagi kesehatan. Dia adalah representasi paling baik bagi padanan kata air kehidupan 

 

Kedahsyatan antioksidan air Kangen juga dirasakan seorang kerabat penderita diabetes. Bertahun ia putus asa dengan kondisi kesehatannya yang memburuk dari waktu ke waktu, meski apa pun yang dilakukannya, hidup jauh di bawah normal. Hingga saat suatu hari, ia mencoba minum air Kangen segar dari mesin, ia dapati gula darahnya berangsur normal dalam kecepatan tinggi. Kini dengan ditambah mengubah pola makan menjadi lebih sehat serta rutin, ia menjalani hidup normal seperti manusia biasa.

 

Di sisi menghadapi penyakit, ada lagi pengalaman seorang sahabat yang mendapatkan pengalaman perbaikan kesehatan fenomenal. Saat ia divonis menderita demam berdarah, trauma dengan pengalaman saat sakit dimana ia harus dirawat inap berhari-hari, ia memilih untuk beristirahat di rumah. Konsentrasinya ditingkatkan di hidup sehat, makan berbasis buah dan sayuran segar digenjot lebih disiplin, ia juga secara berkala minum air Kangen sesegar mungkin dari mesin. Mengagumkan, dalam waktu 4 hari ia sembuh total dari penyakit demam berdarahnya. Pola sama diulang saat buah hati tercintanya terjangkit penyakit sama, dan kesembuhan pun terjadi dengan rentang hari sama. Sekali lagi mengagumkan!

 

Investasi kesehatan, adalah investasi terbaik. Berapapun harga yang diminta, tidak ada yang setimpal dengan mempertaruhkan kualitas hidup Anda diambil oleh penyakit, di usia berapapun.

 

 

Antioksidan terbaik saat ini

 

Apa itu oksidasi