Apa Sebenarnya Radikal Bebas?

 

Radikal bebas adalah senyawa yang sangat aktif, tidak stabil, dan periode usianya pendek. 

 

Karena tidak stabil, radikal bebas bisa bereaksi secara biokimia dengan sel-sel jaringan tubuh. 

 

Reaksi kimia itu dinamakan reaksi oksidasi yang bisa membuat sel jaringan tubuh kehilangan fungsi yang normal, yang dapat merusak molekul DNA. 

 

Radikal bebas adalah molekul yang memiliki satu elektron terlalu banyak atau terlalu sedikit sehingga tidak stabil. 

 

Radikal bebas mencoba untuk mencuri atau memberikan elektron yang dimilikinya ke molekul lain, sehingga mengubah struktur kimianya. 

 

Ketika radikal bebas menyerang satu molekul, molekul yang awalnya netral tersebut akhirnya diubah juga menjadi radikal. 

 

Proses ini menyebabkan reaksi berantai yang dapat menyebabkan kehancuran sel dan kemungkinan timbulnya beberapa penyakit seperti kanker dan gangguan pada jantung. 

 

Bapak radikal bebas Dr. Denham Harman pada tahun 1954 mengeluarkan satu teori tentang “free radical”. 

 

 


Dia mengatakan bahwa radikal bebas bisa merusak salah satu komponen di dalam sel normal, yaitu mitochondria. Perusakan inilah penyebab utama terjadinya proses penuaan.


Setiap hari sel-sel yang normal mengalami 73.000 kali serangan dari radikal bebas, yang mengakibatkan kerusakan pada DNA.

 

  

 

 

DAMPAK RADIKAL BEBAS PADA TUBUH  

 

 

 

—Penyakit Kronis  

 

Penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas bersifat kronis, yaitu dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk penyakit tersebut menjadi nyata.

Contoh penyakit yang sering dihubungkan dengan radikal bebas adalah serangan jantung,kanker, katarak dan menurunnya fungsi ginjal.

Untuk mencegah atau mengurangi penyakit kronis karena radikal bebas diperlukan antioksidan. 

 

 

 

—Kerusakan DNA 

 

Seperti pada protein kecil kemungkinan terjadinya kerusakan di DNA menjadi suatu reaksi berantai, biasanya kerusakan terjadi bila ada lesi pada susunan molekul, apabila tidak dapat diatasi, dan terjadi sebelum replikasi maka akan terjadi mutasi.

Radikal oksigen dapat menyerang DNA jika terbentuk disekitar DNA seperti pada radiasi biologis.

Radikal bebas yang mengambil elektron dari sel tubuh manusia dapat menyebabkan perubahan struktur DNA sehingga terjadi mutasi.

Bila perubahan DNA ini terjadi bertahun-tahun, maka dapat menjadi penyakit kanker.
 

 

 

—Kerusakan Jaringan 

 

Pada umumnya semua sel jaringan organ tubuh dapat menangkal serangan radikal bebas karena di dalam sel terdapat sejenis enzim khusus yang mampu melawannya, tetapi karena manusia secara alami mengalami degradasi atau kemunduran seiring dengan peningkatan usia, akibatnya pemusnahan radikal bebas tidak dapat terpenuhi dengan baik, maka kerusakan jaringan terjadi secara perlahan-lahan. 

 

 

 

 

 

BAGAIMANA RADIKAL BEBAS  DATANG ?  

 

 

 

 

Faktor penyebab radikal bebas diantaranya: Stress, Polusi lingkungan, Pikiran, Residu pestisida dan obat obatan kimia, Rokok dan Minuman manis/alcohol/bahan kimia Aditif pada makanan, Diet yang tidak sehat,  Makanan bersifat asam, Radiasi elekromagnetik Efek negative obat-obatan kimia dan sintetis. 

Hal tersebut menjadikan tubuh lebih banyak melawan radikal bebas hingga suatu saat tidak dapat terkontrol mengakibatkan timbul berbagai penyakit ringan hingga kanker. 

 

 

 

Apa Yang Menyebabkan Radikal Bebas Berbahaya?

 

 

Radikal bebas dalam tubuh kita memiliki kemampuan oksidasi yang sangat tinggi. 

Ini semua sebagai penyebab stress berbahaya dan bentuk sub-kesehatannya. Beberapa penelitian menemukkan relevansi antara stress dengan kematian/kerusakan sel (apoptosis sel)

Efektivitas Air Hidrogen sudah diteliti oleh banyak ilmuwan di seluruh dunia
Hidrogen bertindak sebagai antioksidan terapeutik dengan secara selektif mengurangi radikal oksigen sitotoksik Air kaya hidrogen meningkatkan metabolisme lipid dan glukosa pada pasien diabetes tipe 2 atau toleransi glukosa terganggu.

Hidrogen dalam air minum mengurangi kerugian neuron dopaminergik pada model tikus penyakit Parkinson.

Cepat difusi hidrogen melindungi Retina.

Hidrogen mencegah gangguan akibat stres pada tugas belajar bergantung pada Hippocampus selama pengekangan fisik kronis.

Hidrogen bertindak sebagai anti-UV A, menahan stres antioksidan, anti-sel damange dan efektif dalam menghasilkan kolagen => Bagus untuk kecantikan, anti penuaan. 

 

 

 

 

 

KELEBIHAN RADIKAL BEBAS SANGATLAH BERBAHAYA BAGI SEL DAN KESEHATAN

 

Sebagian besar waktu kita dijalani dengan pola hidup yang tidak sehat, kondisi lingkungan yang buruk dan konsumsi nutrisi atau gizi yang buruk dapat berkontribusi terhadap produksi radikal bebas yang berlebihan di dalam sel-sel tubuh kita.

Selain itu, seiring pertambahan usia, sistem pertahanan antioksidan kita semakin melemah, membuat kita menjadi rentan terdampak kerusakan akibat radikal bebas.
Ketika kelebihan radikal bebas ini diproduksi di dalam sel-sel tubuh, beberapa diantaranya akan berubah menjadi radikal bebas yang lebih berbahaya. 

Sebagai contoh, hidrogen peroksida akan berubah menjadi radikal hidroksil yang paling berbahaya jika terdapat keberadaan besi / iron (II) atau logam berat lainnya.
Contoh lainnya ketika sel-sel tubuh anda terpapar radiasi, sinar ultraviolet, dan frekuensi electromagnetik (EMF) dimana semuanya ini dapat secara langsung memproduksi radikal hidroksil di dalam sel-sel anda sehingga dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih besar.

Radikal sangat reaktif dan dapat mengganggu kelangsungan hidup.

Radikal hidroksil merupakan radikal bebas yang teramat sangat reaktif yang akan mencuri elektron dari molekul lainnya di sekelilingnya, termasuk DNA, protein, lipids, dll dan akan merusak molekul-molekul tersebut serta mengakibatkan reaksi berantai yang teramat sangat berbahaya. 

 

 

 

MENGAPA AIR HIDROGEN MURNI SANGAT PENTING ?

 

 

Air hidrogen murni mengandung molekul hidrogen yang bertindak sebagai antioksidan kuat, Molekul paling kecil ini membantu menetralisir radikal bebas oksigen yang berkontribusi terhadap pengembangan penyakit, peradangan, dan penuaan.

Air hidrogen murni yang sarat dengan molekul hidrogen yang dapat memadamkan radikal bebas dan melintasi penghalang darah-otak, membran sel, mitokondria, dan bahkan inti sel.Karena sifat unik, molekul hidrogen memiliki manfaat terapeutik pada hampir setiap organ dalam tubuh di mana itu diberikannya anti-oksidan, anti-inflamasi, anti-apoptosis, anti-kanker, detoksifikasi, booster energi sel, dan tindakan anti-alergi tanpa efek samping. 

 

Ionized-water-and-non-ionzed-water-molecules.jpg

 

Menurut dr. Elvin Erick Gultom, seorang dokter sekaligus Medical Trainer, lebih dari 500 studi dan penelitian sejak tahun 2007 telah berhasil membuktikan keunggulan molekul hidrogen terhadap kesehatan.

Air hidrogen yang mengandung molekul hidrogen aktif mempunyai sifat sebagai antioksidan yang kuat.

Dimana air hidrogen tersebut dapat menetralisir radikal bebas yang berbahaya bagi sel sel tubuh manusia.

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab dari penyakit kanker, stroke, penyakit jantung koroner, diabetes dan penyakit kronis lainnya.

Selain itu, radikal bebas juga dapat mempercepat proses penuaan dan kematian sel.

Dengan mengonsumsi air hidrogen secara teratur, minimal 2 Liter perhari, maka dapat mengurangi risiko timbulnya berbagai penyakit tersebut.

 

 

 

BERIKUT INI ADALAH FAKTA – FAKTA HIDROGEN SEBAGAI ANTIOKSIDAN ALAMI

ALKALIN, AIR ANTIOKSIDAN SANGAT KAYA HIDROGEN

 

 

Hasil penelitian baru-baru ini menunjukkan dampak yang sangat mengesankan sebagai bantuan kesehatan.

Molekul-molekul hidrogen sangat kecil dan cukup untuk melewati membran sel dengan mudah, dan peneliti percaya zat yang kaya hidrogen hampir sepenuhnya tanpa efek yang merugikan kesehatan.

Hal ini juga relatif murah untuk sebagian besar obat-obatan. 

Bahkan, jika Anda memiliki mesin air alkali, berhidrogen, air filter antioksidan, anda berada di ujung tombak ilmu kedokteran, karena beberapa dokter mulai meresepkan suntikan hidrogen garam, mandi hidrogen dan menghirup gas hidrogen.

Dengan alkali, air antioksidan, Anda secara efektif dapat memiliki obat sendiri di rumah.

 

 

 

AIR ALKALI & PREVENTIVE MEDICINE 

 

 

Dalam hubungannya dengan preventive medicine (ilmu kedokteran tentang pencegahan), Upaya diet, olahraga, dan pola hidup sehat memang terbukti secara ilmiah di dunia kedokteran efektif mencegah berbagai penyakit berat, dan edukasi yang konsisten dan sistematis dari para tenaga kesehatan dapat memastikan pasien memahami pentingnya upaya pencegahan dan mengerti bagaimana melaksanakannya.
Tetapi pada praktek sehari-hari, hambatannya (terutama dalam jangka panjang), terletak pada bagaimana memastikan pasien mampu melaksanakan upaya pencegahan tersebut secara konsisten sepanjang usianya.

Ini karena diet yang ketat, olahraga yang adekuat secara teratur, dan pola hidup sehat yang disiplin AMAT SANGAT SULIT UNTUK DITERAPKAN DALAM JANGKA PANJANG.

Jangankan pasien, para dokter dan tenaga kesehatan lainnya saja biasanya sangat sulit untuk bisa disiplin melaksanakannya secara terus menerus (baca seumur hidup).

 

  

 

 

BERBAGAI LITERATUR ILMIAH MENDUKUNG HAL INI 

Semua literatur di bawah ini membuktikan betapa rendahnya tingkat kepatuhan pasien penyakit apapun dalam hal menjalankan program diet, olahraga, atau minum obat teratur dalam jangka panjang.

Kepatuhan minum obat pada penyakit kronis rata-rata mencapai tidak lebih dari 50%, sementara kepatuhan pada perubahan gaya hidup (diet dan olahraga) sangat rendah, rata-rata hanya 20-30% pasien saja yang bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Silakan dipelajari di link berikut ini: 

1. Long-term compliance with salt restriction in Japanese hypertensive patients.
Ohta Y, et al. Hypertens Res. 2005 Dec;28(12):953-7. 

(https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16671333

 

 

2. Adherence to Therapies in Patients with Type 2 Diabetes. 

Luis-Emilio García-Pérez, et al. Diabetes Ther. 2013 Dec; 4(2): 175–194. 

(https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3889324/

 

 

3. Long-term compliance with a lipid-lowering diet. 

Kushner RF. Nutr Rev. 1993 Jan;51(1):16-8. 

(https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8446303)

 

 

4. Adherence to lipid-lowering treatment: the patient perspective. 

Manuela Casula, et al. Patient Prefer Adherence. 2012; 6: 805–814. 

 

 

 

5. Why dont patients do their exercises? Understanding non-compliance with physiotherapy in patients with osteoarthritis of the knee. 

R Campbella et al. Journal of Epidemiology & Community Health. 

(http://jech.bmj.com/content/55/2/132)

 

 

6. Factors affecting therapeutic compliance: A review from the patient’s perspective. 

Jing Jin, et al. Ther Clin Risk Manag. 2008 Feb; 4(1): 269–286. 

(https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2503662/

 

 

Sebenarnya, masih banyak sekali literatur lain yang mendukung hal ini.

Data epidemiologi menunjukkan semakin meningkatnya kejadian penyakit kronis baru seiring bertambahnya usia, mulai dari diabetes, hipertensi, dislipidemia, obesitas, autoimun, bahkan kanker.

Dunia kedokteran telah gagal mencegah hal ini bila hanya mengandalkan diet, olahraga, dan obat-obatan. 

 

 

 

SALAH SATU SOLUSINYA: MEMASYARAKATKAN AIR ALKALI  

 

 

Dengan pertimbangan itulah, setelah mengkaji secara ilmiah dan melihat langsung manfaatnya yang sangat besar kepada para pasien-pasien pribadi saya, baik dalam upaya pengobatan maupun pencegahan penyakit, saya merasa terpanggil dan merasa berkewajiban untuk secara terus menerus mengedukasi masyarakat luas mengenai manfaat dari air alkali ini, terutama dalam upaya pencegahan di dunia kedokteran.

Ini karena mencegah berbagai penyakit dengan sekedar minum air putih saja sangat mudah dan sederhana, sangat ekonomis dalam jangka panjang, dan dapat dilakukan siapa saja dari semua kalangan, mulai bayi usia 6 bulan hingga manula di atas 100 tahun, setiap hari seumur hidupnya dengan konsisten dan disiplin.

Yang penting, dasar ilmiah serta hasil-hasil terbukti efektif serta dapat dipertanggungjawabkan secara di dunia kedokteran.

Karena itulah, Ray Kurzwell, Chief Enginer Google, peraih penghargaan tertinggi di bidang teknologi dari tiga presiden Amerika Serikat, mengatakan, “Mengkonsumsi air yang tepat sangat vital dalam proses detoksifikasi dan merupakan salah satu terapi kesehatan yang paling efektif.

Minum 8-10 gelas air alkali per hari merupakan CARA PALING SEDERHANA yang dapat Anda lakukan, namun sangat ampuh untuk memerangi berbagai proses penyakit.”

Berikut ini pendapat seorang dokter terkemuka di Amerika tentang pentingnya air alkali ini.

Dr. Gerald Bresnahan, adalah kardiologis terkemuka, on-call physician dari presiden AS dan tamu-tamu negara Amerika Serikat.

(Dr. Bresnahan is arguably the best in his field and has served as the on-call cardiologist for Presidents of the United States, the Pope, the Queen of England, and many visiting dignitaries in the Los Angeles area).

Ini yang dikatakannya tentang air alkali, setelah dalam dua dekade terakhir beliau melihat begitu banyak manfaat yang dirasakan langsung oleh pasien-pasiennya, dan masyarakat di seluruh penjuru negerinya:

(We have understood the importance of alkalizing diets for decades, but we have been unsuccessful in getting our patients to eat a perfectly alkaline diet because we cannot eat enough alkaline foods to keep our body alkaline. To have something that changes the pH of the body from acid to alkaline based on something we are already doing that is drinking water, we can get people alkaline very easily)

Hundreds of thousands of our patients have seen remarkable results from drinking (from) alkaline water (machine). We are doing our part in bringing this technology to the medical community in the United States because it is revolutionizing the health, fitness and wellness of our nation. This is going to be a great thing for everyone and will change the lives for millions of people.”

(“Kita telah memahami pentingnya membuat diet kita alkali selama puluhan tahun, namun tidak berhasil membuat pasien-pasien mengkonsumsi diet alkali yang sempurna karena sangat sulit untuk mengkonsumsi makanan alkali dalam jumlah cukup untuk membuat tubuh kita lebih basa. Dengan hadirnya suatu cara yang dapat merubah pH tubuh kita dari asam menjadi basa hanya dengan sesuatu yang biasa kita lakukan, yaitu dengan minum air, maka kita dapat membuat tubuh banyak orang menjadi lebih basa dengan sangat mudah.

Ratusan ribu pasien telah mengalami hasil yang luar biasa dengan minum (dari mesin) air alkali.

Kami mengambil peran untuk menghadirkan teknologi ini ke komunitas medis di Amerika Serikat karena air alkali telah merevolusi kesehatan, vitalitas, dan kebugaran dari penduduk di Amerika.

Hal ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa bagi semua orang dan akan mengubah kehidupan jutaan jiwa.”)

Ini Sedikit Tentang Dr.Gerald Bresnahan:
Dr. Gerald Bresnahan is a world renowned cardiologist based out of Los Angeles.
When his father died suddenly at the age of 54 from heart disease, Dr. Bresnahan dedicated his life to the prevention of the number one cause of death in the U.S. The field of cardiology was a natural fit for him as he excelled in Internal Medicine and Cardiology at the Los Angeles County – USC Medical Center as well as the Hospital of Good Samaritan which is noted as one of the top medical centers in the country.

While at University of California, San Diego, he was involved in developing the heart enzyme blood test still used around the world today when doctors suspect a heart attack in their patients.

Dr. Bresnahan is arguably the best in his field and has served as the on-call cardiologist for Presidents of the United States, the Pope, the Queen of England, and many visiting dignitaries in the Los Angeles area. He currently resides in Playa Vista, California with his wife, Lyn and is practicing as a clinical cardiologist in Los Angeles.

His other roles include overseeing quality control at one of Los Angeles & major heart centers as well as serving as chairman of the Cardio-Thoracic Committee which oversees all of cardiology and heart surgery at an additional health center

(*Dikutip dari artikel: Dr.Andi Pratama Dharma, Spesialis Penyakit Dalam
Bertugas di Klinik Khusus Penyakit Dalam Interna Medika Karawang Jawa Barat; konsultan ERW Centre dan Divisi Anti Aging Interna Medika dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dengan minat khusus di bidang Preventive Medicine.

 

 

AIR YANG KAYA HIDROGEN ADALAH ANTIOKSIDAN KUAT 

 

 

 

Antioksidan adalah zat kimia yang menawarkan elektron mereka sendiri ke radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel.

Oleh karena itu kita perlu terus memasok tubuh kita dengan antioksidan setiap harinya.

Hal ini dapat mencegah oksidasi dari menimbulkan kerusakan pada sel-sel di seluruh tubuh Anda, dan dapat memperbaiki sel-sel yang telah rusak oleh itu, sehingga mencegah mereka dari menjadi radikal bebas yang mencuri elektron dari sel tetangga mereka dalam proses mencoba untuk memperbaiki diri.

Air alkali, seperti yang dihasilkan oleh mesin elektrolis Leveluk SD 501 populer, telah diuji secara khusus dan ditemukan untuk menjadi salah satu antioksidan terkuat yang pernah diperiksa. 

 

 

 

Bagaimana Cara Hidrogen Memberikan Efek Terhadap Organ-Organ Biologis?  

 

 

Hidrogen aktif mempunyai efek biologi terhadap organ-organ sebagai berikut:
Otak, Hati, Paru-paru, Mata, Metabolisme tubuh, Pankreas, Kulit, Lambung, Jantung, Organ Sexual, serta Pendengaran, karena molekul Hidrogen Aktif dapat menembus sel-sel dari organ tersebut.

Hidrogen adalah molekul yang paling kecil dan sangat ringan dengan ukuran 0.000000000001 (pico) 1E-12 molekul ini lebih kecil daripada ukuran 0.000000001 (nano) 1E-09 sehingga air Hidrogen aktif sangat mudah menembus membran sel.  

 

 

 

 

Hidrogen Aktif menekan / mengurangi obesitas 

 

Percobaan 2 ekor tikus, yang satu diberikan air Hidrogen dan yang lain diberikan air biasa.

Ternyata dapat mengurangi lemak subkutis ( Lemak dibawah kulit ) sehingga tikus yang diberikan air Hidrogen, lemak tubuhnya normal dan yang tidak diberikan air Hidrogen berat badannya / lemak tubuhnya mengalami obesitas.

Mengapa banyak sekali eksperimen dengan menggunakan tikus?

Bukan hanya didalam penilitian ini saja ternyata, Banyak penelitian sebelumnya dan berhasil dipublikasikan yang studi modelnya menggunakan tikus sebagai eksperimen.

Hal tersebut dikarenakan karakteristik biologis, struktur gen dan tingkah laku tikus yang mirip dengan manusia, sehingga saat diuji cobakan dan kemudian mengalami perubahan, akan lebih mudah di fahami dan dianalisis oleh Peneliti.

 

 

KERUSAKAN OKSIDATIF 

Kerusakan Oksidatif adalah salah satu penyebab dari banyak masalah kesehatan, termasuk kanker, penuaan dini, demensia dan kondisi neurologis lainnya.

Sel yang rusak tidak dapat berfungsi seperti yang diperlukan, yang berarti bahwa tidak ada satu dengan jumlah yang signifikan dari kerusakan oksidatif benar-benar dapat memiliki energi, kejernihan mental, kesehatan yang baik dan sebagainya.

Setelah menerapkan solusi yang kaya hidrogen untuk sel-sel kanker di laboratorium, para ilmuwan menyimpulkan bahwa mereka bisa menyusut dan menekan pertumbuhan sel-sel tersebut.

Banyak penelitian pada hewan telah setuju, dan sejak beberapa peneliti menundukkan hewan laboratorium tidak ada pengobatan kanker selain air alkali, tampaknya seolah-olah efek penghambatan solusi hidrogen pada sel-sel kanker bisa sangat kuat.

Seperti biasa, itu adalah layak disebut bahwa Anda harus tidak harus meninggalkan pengobatan kanker tetapi lengkapilah dengan air alkali. 

Itu bisa menjadi tambahan yang kuat untuk pengobatan kanker. 

Minum air yang kaya hidrogen dapat melindungi kerusakan saraf dari cedera otak, baik jenis yang terjadi selama operasi, Stroke , dan yang terjadi dari waktu ke waktu karena stres oksidatif.

Banyak penelitian pada hewan telah membuktikan bahwa zat yang kaya hidrogen sangat meningkatkan perbaikan kondisi penderita gagal jantung dan serangan jantung. 

Para ilmuwan juga telah membuktikan bahwa zat yang kaya hidrogen (terutama hidrogen saline) dapat mencegah kerusakan kardiovaskular yang disebabkan oleh stres oksidatif dan / atau peradangan , bahkan setelah kejadian jantung yang serius. 

Para peneliti di Institut Forsyth di Boston meneliti penyakit radang usus pada tikus, dan membuktikan bahwa air minum yang kaya hidrogen bisa meredakan peradangan dan bahkan mencegahnya pada tikus yang menerimanya sebelum penyakit itu dibawa.
Ilmuwan lain menemukan bahwa hal itu bisa meredakan inflamasi penyakit hati dan radang paru-paru, yang bisa sangat membantu bagi penderita asma. 

Bahkan, ketika salah satu tim peneliti menguji hidrogen sulfida pada tikus penderita asma, mereka menemukan bahwa hal itu bantuan yang cukup cepat. 

Beberapa ahli juga menemukan bahwa hal itu bisa memperlambat perkembangan rheumatoid arthritis dan meringankan beberapa gejala Rheumatoid arthritis, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada sendi.

Air kaya Hidrogen meningkatkan metabolisme lemak dan glukosa, bahkan pada orang dengan diabetes tipe 2.

Dalam sebuah studi pada tikus, menemukan bahwa hidrogen memiliki efek pada lemak hati, kolesterol dan obesitas.

Hidrogen mendukung tulang yang kuat dan otot.

Ini akan menjadi kejutan untuk peminum air alkali – itu salah satu manfaat yang paling sering diteliti.

Alkalized, air antioksidan membantu tubuh Anda menjaga pH darah Anda tanpa harus mengambil mineral seperti kalsium dan magnesium, yang disimpan dalam sel-sel tulang dan otot. Akibatnya, mencegah keropos tulang dan osteopenia , yang merupakan kondisi di mana protein dan mineral isi dari jaringan tulang berkurang, yang menyebabkan osteoporosis.

Dalam penelitian pada atlet muda, minum air hidrogen mengurangi pembentukan asam laktat saat berolahraga berat dan mengurangi kelelahan otot.

Dalam sebuah studi pada tikus dengan Duchenne Muscular Dystrophy (DMD), penyakit otot yang menghancurkan, air hidrogen mencegah penambahan massa tubuh yang tidak normal dan meningkatkan produksi glutathione peroksidase antioksidan.

Ditemukan juga bahwa air hidrogen berpotensi memperbaiki distrofi otot pada pasien DMD.

 

AIR HIDROGEN LEBIH BAGUS RATUSAN KALI DARI VITAMIN C, BENARKAH? 

 

 

A living cell requires energy not only for all its functions, but also for the maintenance for its structure”

By Albert Szent-Györgyi von Nagyrápolt was a Hungarian biochemist who won the Nobel Prize in Physiology or Medicine in 1937

“Sel hidup membutuhkan energi tidak hanya agar berfungsi, tapi juga untuk pemeliharaan strukturnya”

“Dengan fakta ini bahwa tubuh Anda benar-benar hanya mengenal satu bahan bakar, hydrogen.” 

 

Hidrogen adalah atom terkecil dan merupakan Antioksidan paling ringan.

Karena elektron bebas dan sifat reaktif dari bentuk atom dan molekul hidrogen.

Ini dianggap sebagai salah satu antioksidan terkuat dengan potensi reduksi yg tinggi.

Karena ukurannya yang kecil dan merupakan unsur teringan didunia, ia juga mudah menembus membran sel, untuk meremajakan dan memperbaiki kerusakan sel kita oleh radikal bebas berbahaya.

Antioksidan mencegah oksidasi sel melalui kombinasi kimia dengan radikal bebas.

Seperti diketahui semua, kerusakan oksidasi disebabkan oleh adanya radikal bebas yang berbahaya.

Ini adalah salah satu penyebab utama berbagai penyakit dan hidrogen adalah salah satu anti oksidan terbaik yang secara selektif menghilangkan radikal bebas berbahaya karena adanya kemampuan untuk menurunkan kadar oksidan yang berlaku.

Ini ratusan kali lebih efektif daripada antioksidan seperti vitamin c. 

 

 

 

 

BAGAIMANA MOLECULAR HYDROGEN DAPAT MENJADI ANTIOKSIDAN YANG SUPERIOR? 

 

 

H2 merupakan antioksidan yang paling kecil dan paling sederhana yang pernah ada. 

Antioksidan lainnya yang terkenal adalah seperti Vitamin C atau Vitamin E yang memiliki ukuran molekul yang besar dibandingkan H2 dan butuh untuk melewati sistem pencernaan anda, diserap di dalam usus, melewati darah dan masuk ke dalam sel-sel tubuh anda sebelum ia dapat mengeliminasi radikal bebas. 

Ada banyak hal yang dapat terjadi selama proses ini.

H2 ukurannya sangatlah kecil dimana ia dapat menembus melalui lapisan perut untuk fokus masuk ke dalam sel-sel anda dalam sekejap.

Berikut ini merupakan gambar perbandingan ukuran hidrogen molekular (H2) dibandingakan ukuran molekul antioksidan lainnya:

Setiap molekul dari Hidrogen Molekular dapat secara mendasar menetralisir dua radikal hidroksil menjadi air, sehingga dapat menghidrasi sel-sel anda dalam prosesnya. H2 sifatnya sangat selektif dan memiliki target hanya pada radikal hidroksil. 

Hal ini merupakan kunci utama yang penting karena molekular hidrogen (H2) ini hanya akan mengeliminasi radikal bebas yang berbahaya namun tidak secara langsung mempengaruhi radikal bebas yang berguna seperti hidrogen peroxida atau nitrit oksida. Kebanyakan dari antioksidan yang ada biasanya tidak selektif namun akan menetralisir semua radikal bebas yang ada di sekitarnya.

Masalahnya adalah, hal ini dapat mengakibatkan gangguan pada keseimbangan radikal bebas tehradap antiokisdan sehingga mengakibatkan masalah tambahan.

Antioksidan lainnya akan berubah menjadi radikal bebas yang lemah setelah ia menetralisir radikal bebas dan dapat merusak sel-sel di dalam tubuh.

Molekular Hidrogen (H2) dapat menetralisir dua radikal hidroksil menjadi molekul air
Molecular Hydrogen / Hidrogen Molekular atau H2 tak hanya menetralisir radikal hidroksil secara langsung, namun ia juga dapat membantu meningkatkan fungsi enzim antioksidan yang telah ada di dalam tubuh seperti glutathione peroxidase, superoxide dismutase, dan katalase.

Masing-masing enzim antioksidan yang spesifik dan molecular hydrogen ini akan mengatasi tipe-tipe radikal bebas yang berbeda.

Mereka semua akan bekerjasama untuk memastikan bahwa tak ada kelebihan radikal bebas yang dapat mengakibatkan stress oksidatif di dalam sel tubuh anda. 

Meningkatkan kekuatan pertahanan antioksidan dari sel-sel tubuh anda dengan H2 akan membantu anda dalam mengatasi kelebihan radikal bebas yang diakibatkan oleh berbagai faktor yang berbeda di dalam hidup anda. 

Terkadang sangatlah sulit untuk menghancurkan siklus ganas dari penyakit dan masalah kesehatan yang buruk namun dengan mengubah air yang anda minum, sebagai fondasi dasar, menjadi air yang kaya hidrogen, bersifat alkali, memiliki struktur mikro seperti Kangen Water, dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kesehatan anda secara menyeluruh dengan upaya yang dikatakan sangatlah mudah. 

Ambillah manfaat dari Molecular Hydrogen yang berasal dari air minum Kangen Water bagi kesehatan tubuh anda. 

Stress oksidatif terjadi ketika ada perubahan pada keseimbangan radikal bebas dan antioksidan di dalam sel.

Stress oksidatif diketahui berhubungan dengan penyebab dari berbagai permasalahan kesehatan dan efeknya akan berbeda-beda tergantung genetik, lingkungan dan pola makan individu tersebut.

Jika anda merasa tubuh anda tidak sehat seperti yang seharusnya, kemungkinan besar hal tersebut dikarenakan stress oksidatif di dalam tubuh anda.

Anda harus meningkatkan sistem pertahanan antioksidan sehingga ia akan menjadi seimbang dengan produksi radikal bebas dan antioksidan dapat segera menetralisir radikal bebas tersebut.

Meskipun kebanyakan dari formula antioksidan itu efektif, namun tak ada satupun dari mereka yang memiliki kemampuan dalam suatu cara yang unit seperti yang dapat dilakukan oleh Molecular Hydrogen / Hidrogen Molekular (H2) di dalam sel tubuh anda untuk melindungi kesehatan anda. 

 

 

 

 

ANTIOKSIDAN SEPERTI H2 (MOLEKULAR HIDROGEN) AKAN MELINDUNGI SEL-SEL TUBUH ANDA DARI KERUSAKAN AKIBAT RADIKAL BEBAS

 

Superoxide dismutase merupakan pertahanan antioksidan penting di hampir semua sel hidup yang terpapar oksigen.

Di dalam sel-sel kita terdapat enzim antioksidan seperti Superoxide Dismutase yang dapat menetralisir Superoxide Anions (Anion Superoksida) menjadi Hidrogen Peroksida.

Hidrogen Peroksida merupakan radikal bebas yang lebih lemah yang berguna bagi sel-sel anda.

Glutathione Peroxidase mengubah hidrogen peroxida menjadi air
Enzim antioksidan lainnya yaitu Glutathione Peroxidase.

Antioksidan ini mengubah hidrogen peroxida menjadi air.

Sebuah sistem antioksidan yang kuat merupakan bagian yang sangat krusial untuk menjaga agar sel-sel anda tetap sehat dikarenakan radikal bebas secara konstan dihasilkan di dalam sel-sel anda sebagai bagian dari proses metabolisme yang normal setiap harinya.

Menetralisir radikal bebas menjadi air merupakan proses dua langkah. Sangatlah penting bahwa keberadaan antioksidan yang berlimpah seperti superoxide dismutase dan glutathione peroxidase dapat tersedia dengan cepat dan dapat digunakan secara efisien dalam mentralisir radikal bebas.

Namun kebanyakan dari kita, pada sel-sel kita diproduksi lebih banyak radikal bebas ketimbang yang dapat diatasi oleh enzime antioksidan.

Ketika kelebihan radikal bebas terbentuk di dalam sel anda, maka ia akan menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius. 

 

 

 

APA YANG MEMBUAT AIR HYDROGEN LUAR BIASA UNTUK TERAPI PENGOBATAN DAN KESEHATAN?

KEUNGGULAN UTAMA HIDROGEN SEBAGAI ANTTIOKSIDAN ALAMI 

Berat molekul hidrogen jauh lebih kecil dibanding dengan jenis antioksidan lain,
seperti: 

Vitamin C-176 

Vitamin E-43 

Glutathion-309. 

Ko-enzim Q10-863 

Hidrogen hanya-2. 

 

Senyawa paling mudah masuk ke dalam sel pun akan banyak tertahan pada membran sel dan tidak bisa mencapai sitosol,
sedangkan sebagain senyawa yang lain tanpa adanya pembawa yang spesifik tidak dapat menembus bio membran sel.

Sebaliknya, Hidrogen dengan cepat dapat mendistribusikan kedalam sitosol dan organel dari sel-sel tubuh.

Hidrogen sangat selektif dalam menetralisir radikal bebas.

Hidrogen jauh lebih efektif karena menetralkan radikal bebas kedalam bentuk air (OH hidroksil HH20).

Mekanisme ini tidak meninggalkan produk sampah atau beban apapun kedalam sel-sel tubuh.

Sedangkan Antioksidan lain seperti Vitamin C, dapat berubah menjadi radikal bebas baru.

 

 

 

 

Apa itu oksidasi

 

Terjemahan buku Dr. Dave Carpenter