Bolehkah Mencuci Tangan Dengan Sabun Pencuci Piring?

 

 

Sejak penyakit COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona 2019-nCoV mewabah di berbagai negara di dunia, badan kesehatan dunia WHO dan organisasi kesehatan dunia lainnya seperti CDC, mengimbau masyarakat untuk rajin mencuci tangan. 

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir bisa membantu pencegahan penularan virus penyebab penyakit, teman-teman. 

O iya, kira-kira boleh tidak ya, kita mencuci tangan menggunakan sabun pencuci piring? 

Virus corona 2019-nCoV lebih banyak ditularkan dari satu orang ke orang lainnya. 

Cara penularannya adalah melalui tetes air hasil pernapasan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, dalam jarak yang cukup dekat dengan orang yang sehat.

Nah, tetes air yang mengandung virus itu bisa masuk ke dalam mata, hidung, atau mulut orang sehat, sehingga ia terinfeksi. 

Lalu, mengapa harus cuci tangan ?
Tangan kita sering memegang benda-benda yang juga dipegang orang lain, bahkan benda yang mungkin ditempeli oleh virus, bakteri, dan kuman. 

Kita juga sering menyentuh area wajah seperti hidung, mata, dan mulut. Kalau tangan kita tanpa sengaja terpapar oleh tetes air hasil pernapasan orang lain yang mengandung virus, maka virus bisa masuk ke tubuh melalui mata, hidung, atau mulut yang kita sentuh.
Makanya, penting sekali menjaga tangan kita tetap bersih dengan cara rajin mencuci tangan dengan sabun. 

 

 

Bolehkah Mencuci Tangan dengan Sabun Cuci Piring? 

 

Menurut ahli dermatologi (ilmu tentang kulit), Kally Papantoniu, sabun cuci piring memang ditujukan untuk mencuci peralatan makan dan memasak, namun boleh dipakai untuk mencuci tangan. 

Mencuci tangan dengan sabun pencuci piring juga bisa membantu menyingkirkan bakteri dan kuman di tangan kita, kok. 

Kebanyakan sabun pencuci piring memiliki pH netral atau kadar keasamannya tidak tinggi, sehingga bisa digunakan untuk mencuci peralatan makan dan memasak, juga untuk mencuci tangan kita. 

Di sisi lain, ada beberapa sabun pencuci piring yang memiliki kandungan yang bisa menghilangkan minyak alami di kulit, akibatnya jika terlalu sering mencuci tangan menggunakan sabun itu kulit tangan bisa menjadi kering.

Keadaan itu mungkin tidak mempengaruhi kondisi kulit semua orang, tapi ada juga orang yang bisa mengalami kulit kering sampai eksim. Karenanya, ia harus memilih sabun cuci tangan yang tepat. 

Sebaiknya, seseorang yang kulitnya kering, sensitif, atau memiliki kondisi seperti eksim, memilih sabun yang formula yang lembut. Artinya, bahan pembuatannya tidak menghilangkan minyak alami di kulit dan membuat kulit kering. 

Ada baiknya, teman-teman yang memiliki kulit kering, sensitif, atau eksim, tetap menggunakan sabun pencuci tangan untuk membersihkan tangan. Lebih baik lagi jika menggunakan sabun yang dikhususkan untuk kulit sensitif. 

 

 

Bolehkah Menggunakan Sabun Pencuci Tangan untuk Mencuci Piring?  

Sebaliknya, sabun pencuci tangan sebaiknya tidak digunakan untuk mencuci peralatan makan dan memasak. Jika memang digunakan, maka harus benar-benar dibilas berulang kali.

Sebabnya, sabun pencuci tangan ada yang mengandung senyawa kimia seperti parfum, penghilang noda, atau pencerah. 

Jika sabun tertinggal di peralatan makan dan memasak, maka bisa membahayakan orang yang menggunakannya karena senyawa dari sabun bisa tercampur dalam makanan dan ikut termakan.