Chia Seed

 
 
 

  

 

 

 

Chia seed atau biji chia merupakan jenis biji-bijian yang berukuran kecil dari tanaman Salvia hispanica L. Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Namun, tanaman ini sudah masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit.

 

Walaupun kecil, biji chia ini memiliki manfaat untuk kesehatan, lo. Bukan saja untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak.

 

Seperti yang dilansir dari laman Academy of Nutrition Dietetics, chia seed merupakan sumber asam omega 3 yang baik untuk anak-anak.

 

Bahkan, chia seed dapat memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh dengan mengonsumsi chia seed. Setiap 2 sendok makan chia seed mengandung 10 gram serat. 

 

 

 

 

Ini dia beberapa manfaat chia seed untuk anak-anak:

 

Baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang

 

Salah satu manfaat chia seed untuk anak-anak seperti kita adalah membantu memperlancar pertumbuhan gigi dan tulang.   

 

Seperti yang dilansir dari laman Harvard T. H. Chan, 60% minyak yang ada di dalam biji chia mengandung asam omega 3. 

 

Asam omega 3 telah terbukti baik untuk menyehatkan untuk kesehatan jantung. 

 

Mulai dari dapat menurunkan kolesterol, mencegah penggumpalan darah berlebihan, hingga menjaga ritme detak jantung dan tekanan darah. 

 

Oleh karena itu, mungkin chia seed adalah pilihan baik untuk anak yang mengidap alergi ikan karena sumber asam omega 3 sebagian besar berasal dari hewan laut.  

 

 

 

 

 

Kaya akan protein 

 

 

Tidak hanya kalsium dan asam omega 3, chia seed juga memiliki manfaat lain yakni, kaya akan protein. 

 

Setiap 28 gram biji chia, terkandung 4 gram protein yang dapat mengontrol rasa lapar dan membantu memperbaiki kerusakan otot. 

 

Bahkan, chia seed termasuk mengandung protein lengkap, yaitu sembilan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

 

Rasa biji chia ini hambar. Tetapi kandungan gizi pada biji chia sangat banyak dan tentunya bermanfaat bagi tubuh. Kandungan pada biji chia meliputi air, serat, protein, kabohidrat, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin A dan B, kalsium, mangan, fosfor, selenium, kalium, zinc, zat besi, magnesium, dan tembaga.

 

Selain itu chia seed juga mengandung antioksidan kuat, seperti asam klorogenik, asam caffeic, quercetin, dan kaempferol. Senyawa antioksidan ini berperan penting dalam membantu tubuh memerangi penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

 

Salah satu manfaat chia seed ini bisa menurunkan berat badan dan memelihara kesehatan jantung. Dengan begitu kamu bisa mengonsumsi biji chia setiap hari.

 

Untuk mengonsumsi chia seed kamu harus merendamnya selama beberapa menit agar biji chia menjadi lebih lunak dan mudah dikonsumsi. Bisa juga dicampur diberbagai makanan.

 

Selain biji chia bisa dimakan langsung, cara lain mengonsumsi chia seed juga bisa dicampur dengan berbagai jenis makanan. Dilansir HealthNewsToday, ini cara mengonsumsi chia seed

 

 

 

 

 

1. Chia seed dengan jus

 

Chia seed juga kamu campurkan ke dalam jus. Caranya bisa kamu campurkan saat diblender atau sebagai topping jus. Cara ini membuat jus kamu lebih nikmat.

 

 

 

 

2. Chia seed dengan smoothie

 

Biji chia yang kecil bisa menjadi topping apa saja, termasuk smoothie. Tekstur biji chia bisa membuat smoothie kamu lebih bervariasi.

 

 

 

 

 

3. Chia seed dengan oatmeal

 

Mengosumsi oatmeal tidak melulu dengan topping buah loh ternyata. Chia Seed juga cocok kamu jadikan teman makan oat kamu. Caranya kamu cukup menaburkan biji chia pada oat dan santap.

 

 

 

 

 

4. Chia seed dengan pudding 

 

Membuat pudding dengan topping buah memang sudah sering dibuat. Cobalah mencampurkan chia seed ke dalam pudding, bentuk yang menyerupai biji selasih ini juga cocok sebagai campuran pudding. Caranya kamu tinggal memasukkan biji chia kedalam adonan pudding, tunggu hingga mengeras dan kamu bisa menikmatinya.

 

 

 

5. Chia seed dengan selai 

 

Ingin makan roti namun bosan dengan selai yang itu-itu saja? Tenang, chia seed bisa kamu gunakan sebagai teman selai. Caranya kamu hanya mencampurkan biji chia dengan selai lalu oleskan ke roti atau dimakan langsung. 

 

Maka itu, chia seed merupakan jenis biji-bijian yang cukup sehat untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Karena kandungan protein yang lengkap bermanfaat bagi kesehatan, seperti:  

 

Mengurangi risiko obesitas karena dapat menjaga kestabilan berat badan anak
Membuat rambut dan kulit terlihat lebih bersinar.   

 

Nah, karena banyak manfaat baik dari chia seed, mulai sekarang kita bisa, lo, mengonsumsi chia seed dengan mencampurkan pada smoothies, yoghurt, atau buah-buahan kesukaan teman-teman.