Filter Kami / Our Filter

 
 
  

  

 

Kegunaan Karbon Aktif dalam Filter Air 

 

 

Karbon Aktif dalam Filter Air memiliki banyak sekali kegunaan.  

 

Pengertian karbon aktif: 

 

Karbon aktif merupakan sebuah material atau bahan yang memiliki pori-pori sangat banyak dan luas. Pori-pori ini berfungsi untuk menyerap setiap kontaminan yang melaluinya. Artinya, jika air disaring dengan karbon aktif, maka kontaminan dalam air dapat masuk dalam pori-pori dan terjebak di dalamnya. Jika dibuat angka, sebanyak 450 gram karbon aktif dapat mengandung kira-kira 40 hektar luas permukaan. 

 

 

 

 

Cara kerja:  

 

 

Karbon aktif bekerja dengan cara penyerapan atau absorpsi. Artinya, pada saat ada bahan yang melalui karbon aktif tersebut, material yang terkandung di dalamnya akan diserap. Maka tidak heran jika bahan ini mampu mengambil beberapa kandungan tidak baik dari sebuah air tercemar. Bahkan dapat menjernihkan air yang keruh sekaligus menghilangkan bau dari air tersebut. 

 

 

 

 

 

Bahan yang digunakan untuk membuat karbon aktif: 

 

 

 

Untuk membuat karbon aktif, Anda bisa memakai beberapa bahan. Di antaranya; 

 

Material dari hewan 

 

Material dari tumbuhan 

 

Batok kelapa 

 

Batok atau kulit kemiri 

 

Batok atau kulit kelapa sawit 

 

Batu bara 

 

Tulang, dll  

 

 

 

 

 

Kegunaan: 

 

 

Kegunaan karbon aktif dalam filter air jelas dapat dirasakan oleh masyarakat di kota besar, khususnya yang sudah menggunakan penyaring air baik sederhana maupun berteknologi. Beberapa manfaat yang diberikan oleh karbon aktif untuk penyaring dan penjernih air adalah;  

 

 

 

 

Pertama, menyerap bau 

 

 

Air sumur berbau biasanya akan diantisipasi dengan karbon aktif atau arang aktif. Bahan ini digunakan dalam sejumlah produk penyaring air. 

 

 

 

Kedua, menjernihkan  

 

 

Air yang keruh juga bisa ditanggulangi dengan menggunakan karbon aktif. Yakni dengan memanfaatkan pori-pori besar untuk menyerap sedimentasi atau endapan yang terkandung di dalam air. 

 

 

 

 

Ketiga, mengambil klorin  

 

 

Klorin dalam air bisa terserap dalam karbon aktif. Maka dari itu, cara ini dipercaya aman untuk menghasilkan air minum yang layak konsumsi. 

 

 

 

Keempat, menciptakan rasa segar untuk air 

 

Air yang terasa hambar dan tidak enak bisa diatasi dengan karbon aktif. Dalam hal ini, karbon aktif dapat memberikan rasa segar untuk air. 

 

 

 

 

Kelima, bahan yang tidak bisa diserap 

 

 

Meskipun banyak kontaminan yang bisa diserap, ternyata karbon aktif juga bisa meloloskan beberapa kandungan air, di antaranya mineral, garam, dan senyawa anorganik.