Karbohidrat

 
 
  

 

 

Secara kodrat manusiawi karbohidrat adalah sumber energi terpenting bagi tubuh dan otak, terutama ketika tubuh harus melakukan berbagai aktivitas fisik. Selain itu, tubuh juga membutuhkan karbohidrat untuk mengatur suasana hati dan menjaga pergerakan usus. Pada bayi dan balita, karbohidrat berfungsi sangat vital dalam memelihara pertumbuhan tubuh. Menghindari konsumsi karbohidrat dengan alasan yang salah jelas akan merusak kesehatan karena banyak fungsi tubuh yang akan menjadi macet dan kemudian rusak secara akumulatif. 

 

 

Umum kesalah kaprahan yang muncul adalah menyamaratakan karbohidrat dalam satu kategori. Semisal beras putih, Beras yang dirusak komponennya agar menjadi putih bersih bisa menjadi contoh paling mudah apa jenis karbohidrat yang tidak baik dikonsumsi.

Beras putih diproses secara berlebihan, digiling, dicuci secara radikal sehingga semua manfaat serta pengaman terbuang. Jadilah beras putih bersih yang mengembang sempurna sebagai nasi saat dimasak. Lembut, lumer di mulut dan juga memberi sensasi manis. Hanya saja nasi putih model demikian rentan memberikan masalah serius bagi kesehatan  

 

Berikut adalah contoh dari ragam sumber karbohidrat yang wajar dikonsumsi manusia serta baik bagi kesehatan: Beras aneka warna, kacang-kacangan, havermut, quinoa, sorgum, serta buah-buahan dan sayuran segar Sebagai negara tropis, Indonesia adalah contoh negara yang sangat berlimpah akan sumber karbohidrat kaya manfaat.

By: Erikar 

 

 

Roti

 

Kalori