Manfaat Daun Kemangi

 

 

 

 

7 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan, Hasilnya Menakjubkan 

 

 

Daun kemangi adalah jenis tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Daun hijau ini bisa tumbuh di tempat kering dan cukup populer di Indonesia.

Pohon kemangi bisa tumbuh di kebun atau pinggir jalan dan tingginya tidak mencapai satu meter. Daun kemangi banyak digunakan sebagai lalapan, hiasan makanan, dan campuran berbagai menu masakan.

Namun masih ada pula yang enggan mengonsumsinya lantaran memiliki aroma khas. Padahal, sebenarnya daun kemangi kaya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kemangi memiliki nama ilmiah Ocimum basilicum yang juga populer di Italia sebagai bahan campuran dalam saus pesto. Bahkan di India, daun kemangi digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Menurut laporan Medical News Today, daun kemangi mengandung berbagai macam minyak atsiri, memiliki kandungan fenolik, dan senyawa polifernol seperti flavonoid dan anthocyanin.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Institut Teknologi Federal Swiss, daun kemangi atau basil mengandung beta-caryophyliene yang bermanfaat dalam mengobati radang sendi dan radang usus. Selain itu, daun kemangi juga masih menyimpan ragam nutrisi penting untuk kesehatan tubuh seperti berikut. 

 

 

 

1. Bersifat Anti-Kanker 

 

 

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Medical News Today, daun kemangi memiliki sifat anti kanker. Daun berukuran kecil ini mengandung phytochemical termasuk eugenol, asam rosmarinic, apigenin, myretenal, luteolin, B-sitosterol, dan asam carnosic.

Semua kandungan itu sangat diperlukan tubuh untuk membantu menangkal sel jahat penyebab kanker seperti kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Daun kemangi juga bersifat antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit lainnya. 

 

 

 

 

2. Mengatasi Peradangan dan Pembengkakan

 

 

Daun kemangi mengandung ekstrak O.tenuiflorum yang terbukti mampu mengurangi pembengkakan hingga 73 persen. Manfaat daun kemangi ini sama efektifnya dengan obat diklofenak, yakni obat anti-inflamasi atau anti radang yang banyak digunakan dalam pengobatan radang sendi.

Menurut Journal of Bone Reports and Recommendations daun kemangi bermanfaat dalam pengobatan penyakit yang berkaitan dengan peradangan seperti radang usus, serta iritasi atau alergi. 

 

 

 

 

3. Mengontrol Kadar Gula Darah 

 

 

Menurut Healthline, daun kemangi memiliki kemampuan mengontrol kadar gula darah. Daun ini sangat dianjurkan bagi pengidap diabetes atau kadar gula darah terlampau tinggi.

Rutin mengonsumsi daun kemangi dapat menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah. Daun berwarna hijau ini mengandung glikemik cukup rendah. Kandungan minyak esensial dalam kemangi juga bisa memerangi kadar trigserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko diabetes. 

 

 

 

 

4. Mencegah Obesitas dan Penyakit Jantung

 

 

Daun kemangi dapat mencegah seseorang dari risiko obesitas karena memiliki manfaat dalam membantu menurunkan berat badan dan kadar kolesterol berlebih. Jika ingin memiliki berat badan ideal, Anda bisa mengonsumsi daun kemangi segar sebagai lalapan sehari-hari.

Daun kemangi juga dapat memelihara kesehatan jantung lantaran mengandung rendah kolesterol dan dapat memerangi kolesterol jahat (LDL). Sehingga Anda bisa terhindar dari obesitas, penyakit jantung, stroke, hingga hipertensi. 

 

 

 

 

5. Mengatasi Bau Badan

 

 

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, daun kemangi juga mampu mengatasi bau badan. Masalah bau badan kerap dialami banyak orang dan bisa menurunkan kepercayaan diri ketika bertemu dengan orang lain.

Tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi masalah bau badan dengan mengonsumsi daun kemangi secara rutin sebagai lalapan. Selain itu, daun kemangi juga berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut. 

 

 

 

 

6. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya 

 

 

Daun kemangi tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan kulit. Daun kemangi tergolong ampuh untuk membasmi masalah kulit seperti jerawat maupun bekasnya.

Daun ini bersifat anti-inflamasi dan antibakteri yang bisa menghilangkan jerawat hingga bekasnya. Daun kemangi berperan sebagai pembersih kulit alami yang akan menghilangkan kotoran dan debu dari wajah.

Caranya, siapkan beberapa helai daun kemangi yang telah dibersihkan. Kemudian hancurkan daunnya untuk diaplikasikan ke jerawat sebagai masker wajah. 

 

 

 

 

7. Bikin Awet Muda dan Bersinar 

 

 

Memiliki kulit bersinar dan awet muda merupakan dambaan bagi banyak orang, khususnya kaum wanita. Masker daun kemangi bisa membantu mewujudkan hal tersebut. Daun tersebut akan membantu mencegah tanda-tanda penuaan, sehingga Anda akan terlihat awet muda.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam daun kemangi juga dapat membuat kulit sehat dan tampak bersinar. Lakukan perawatan rutin dengan daun kemangi supaya hasilnya lebih maksimal. 

 

 

Sumber: Medical News Today, Healthline