Manfaat Kecambah

 

 

 

Meski dijual dengan harga murah meriah di pasar, bukan berarti kandungan nutrisinya bisa diabaikan. Sebaliknya, justru kecambah atau sering juga dikenal dengan taoge ini punya kandungan gizi yang kaya dan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.
 
 
Kecambah sendiri berasal dari kacang hijau yang ditumbuhkan. Penelitian yang dilakukan United States Department of Agriculture menemukan bahwa kecambah memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Dalam 104 gr kecambah, memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut: 

 
Uniknya, kecambah justru memiliki kandungan flavonoid dan vitamin C lebih tinggi dibandingkan ketika ia hanya berbentuk biji kacang hijau, bahkan mengalami kenaikan 7 hingga 24 kali lipat, menurut penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central Journal of Agricultural and Food Chemistry. Makan kecambah bahkan bisa menurunkan risiko kanker.
Jadi, jangan mengabaikan kecambah ketika membelinya di pasar ya, karena meskipun murah meriah namun ternyata memiliki nutrisi yang sangat sehat.

Manfaatnya:

1. Tauge bisa membantu mengurangi berat badan.

Taoge membantu membuang lemak sekaligus racun berlebih dalam tubuh, sehingga bisa membantu proses diet. Jadi selain berolahraga, jangan lupa mengkonsumsi tauge ya.

2. Bisa mencukupi kebutuhan gizi saat sedang diet.

Selain itu, kandungan fibernya juga tinggi. Sehingga meski sedang diet, minimal kamu tidak kekurangan vitamin-vitamin yang diperlukan tubuh.

3. Vitamin tauge banyak banget.

Tauge mengandung vitamin sangat lengkap, di mana efeknya bisa mempengaruhi keseluruhan tubuh. Contohnya vitamin B untuk kulit, vitamin K untuk menjaga kekuatan rambut, dan sebagainya.

4. Kandungan alkali membantu mencegah penyakit kanker.

Penyakit kanker dikatakan salah satu penyebabnya adalah kandungan asam yang biasanya cukup tinggi di dalam tubuh. Oleh karena itu, makan tauge juga mencegah kanker karena mengandung banyak alkali.

5. Kandungan enzim pada tauge sangat tinggi.

Enzim berperan cukup penting untuk kelangsungan sekaligus kelancaran kinerja organ-organ di dalam tubuhmu, sehingga bisa bekerja lebih efektif.

6. Bisa mencegah kerontokan rambut.

Kandungan zat besi dari kecambah memang cukup banyak. Hal inilah yang bisa memperkuat akar rambut dan menjaga rambut agar tidak rontok.

7. Membantu kamu menjaga kesehatan kulit.

Saat membuat jus dari tauge, maka kamu akan mendapatkan manfaat maksimalnya. Kandungan vitamin B-nya membuat kulit bisa terus terhidrasi dan tidak kering.

8. Tauge bisa membuat kulit tetap awet muda.

Tauge juga mengandung Vitamin C dan protein cukup. Sehingga membantu proses produksi kolagen yang membuat kulit lebih elastis, awet muda dan terhindar dari keriput.

9. Harganya yang murah, enak, dan bergizi.

Alasan terakhir, dengan banyaknya manfaat-manfaat yang bisa kamu peroleh, harga tauge sangat murah. Rasanya pun enak diolah menjadi berbagai masakan. Apalagi ditumis.
ayuk perbanyak konsumsi tauge yuk. Badan jelas lebih sehat dan tubuh tetap awet muda.