Manfaat Kunyit Putih

 

  

Semuanya pasti sudah akrab dong dengan jenis tanaman yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, yaitu kunyit? Ya, keluarga jahe-jahean ini memang sudah sejak lama dikenal karena mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti sakit perut, diare, hingga depresi.
Nah, jika selama ini Kamu hanya mengenal jenis kunyit yang berwarna kuning, ternyata masih ada lho jenis lain dari kunyit yang tak kalah bermanfaat untuk kesehatan, yaitu kunyit putih.
Kunyit putih, dikenal juga dengan sebutan white turmericatau Zedoary (Curcuma zedoaria), memiliki sejumlah manfaat yang tak kalah dari kunyit kuning, bahkan untuk wajah dan kecantikan. Nah, penasaran apa saja manfaat kunyit putih untuk kecantikan dan wajah serta kesehatan? Yuk, simak selengkapnya berikut ini! 

 

Sekilas Tentang Kunyit Putih

Mirip dengan jenis tanaman rimpang lainnya, kunyit putih juga memiliki kulit berwarna cokelat yang tipis. Pada bagian dalam, seperti namanya, kunyit jenis ini memiliki warna putih yang tegas. Daging dari kunyit putih lebih lunak dan memiliki rasa yang mirip dengan jahe, meski meninggalkan jejask rasa pahit di akhirnya. Kunyit putih juga memiliki aroma yang sangat harum sehingga seringkali digunakan sebagai bumbu masak pada zaman kuno. 
Kunyit putih merupakan tanaman yang banyak ditemukan di negara-negara tropis, seperti India, Jepang, Thailand, dan juga Indonesia. Di India, kunyit putih banyak digunakan untuk aplikasi luar dan jarang digunakan untuk memasak. Sedangkan di Thailand, kunyit putih digunakan sebagai penyegar rasa salad atau acar. Di Indonesia sendiri, kunyit putih dalam bentuk bubuk masih kerap digunakan dalam masakan kari.
Hampir semua bagian dari kunyit putih dapat digunakan, mulai dari akar, minyak, hingga daunnya. Kandungan minyak esensial, pati, dan curcumin dalam kunyit putih dipercaya dapat mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu. 

 

Manfaat Kunyit Putih untuk Kecantikan dan Wajah

Kunyit putih sering digunakan untuk perawatan kulit dan wajah, seperti mengatasi masalah jerawat dan pigmentasi. Secara lebih jelas, berikut manfaat kunyit putih untuk kecantikan dan wajah:
  

 

Menghaluskan kulit

Kulit kering dan bersisik merupakan masalah yang sering dialami oleh orang-orang yang tinggal di daerah tropis, termasuk Indonesia. Kondisi ini bisa terjadi karena lapisan luar kulit mengalami kekurangan cairan.
Meski bukan hal yang berbahaya, namun kulit kering dan bersisik yang tidak segera ditangani bisa menimbulkan rasa perih serta tentu saja mengurangi rasa percaya diri.
Nah, untuk mengatasi hal ini, Kamu bisa menggunakan bubuk kunyit putih, Gengs. Caranya, oleskan bubuk kunyit putih yang telah dicampur dengan minyak zaitun ke seleuruh tubuh. Lakukan secara rutin, dan kulitmu akan terasa lebih lembap.
  

 

Mengatasi jerawat pada wajah

Siapa sih yang enggak kesal dengan jerawat yang sering muncul secara tiba-tiba? Ya, walaupun jerawat ini akan hilang seiring waktu, namun enggak bisa dipungkiri ya kalau kehadirannya sering membuat jengkel. 
Nah, supaya Kamu enggak kesal lagi dan jerawat cepat pergi, coba deh gunakan kunyit putih sebagai masker. Caranya, campurkan bubuk kunyit putih dengan air perasan lemon. Aplikasikan masker ini sebelum mandi, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu.
Kunyit putih mengandung antiseptik alami yang dapat berperan sebagai anti bakteri untuk mengobati jerawat di wajah.
  

 

Mencegah penuaan dini dan mengatasi pigmentasi kulit

Penuaan dini dapat terjadi akibat asupan gizi yang kurang baik dan paparan sinar UV yang berlebih. Kondisi ini bisa menyebabkan kulit menjadi keriput dan timbul bintik-bintik kecokelatan pada wajah atau pigmentasi kulit (melasma).
Menggunakan masker dari kunyit putih bisa membantu mengurangi dan menyamarkan garis-garis halus pada wajah. Ini karena kunyit putih mengandung vitamin dan minyak esensial yang dipercaya dapat mencegah penuaan dini pada kulit. 

 

Mengangkat sel kulit mati

Menumpuknya sel kulit mati dapat membuat wajah tampak kusam. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh faktor lingkungan dan cuaca.
Untuk mengurangi penumpukan sel kulit mati, cobalah untuk menggunakan campuran bubuk kunyit putih dengan susu seperti masker. Diamkan pada wajah selama 30 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat dan bersihkan wajah dengan sabun.
 

Mencerahkan kulit wajah

Kulit yang tampak cerah tentu menjadi harapan hampir setiap orang. Sayangnya, paparan sinar matahari, hingga stres bisa membuat kulit wajah tampak lebih kusam. 
Nah, bagi Kamu yang memiliki tipe kulit wajah berminyak dan kusam, kunyit putih bisa menjadi solusinya. Kunyit putih dapat membantu mengontrol produksi zat berminyak hasil produksi kelenjar sebaceous atau sebum.
Gunakan campuran bubuk kunyit putih dengan air mawar sebagai masker secara rutin 1 sampai 2 kali dalam seminggu.
 

 

Manfaat Kesehatan Lain dari Kunyit Putih

Selain bermanfaat untuk kecantikan dan wajah, kunyit putih masih memiliki sejumlah manfaat lain untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat lain dari kunyit putih yang tidak boleh dilewatkan.

 

Mencegah kanker

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kunyit putih adalah sitotoksik atau dapat merusak sel kanker pada lambung, payudara, dan ovarium. Senyawa yang bersifat sitotoksik tersebut adalah curcuzedoalide. 

 

Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Mengonsumsi bubuk kunyit putih dapat mengurangi kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL, sehingga sangat baik bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. 
Dalam sebuah penelitian terhadap orang-orang yang diminta secara teratur  mengonsumsi bubuk kunyit putih selama 6 bulan, ditemukan bahwa kadar LDL mereka turun sekitar 5,6% dan tingkat HDL mereka naik sekitar 6%. 

 

Mengatasi peradangan

Sama seperti jenis kunyit kuning, kunyit putih juga memiliki sifat yang dapat mengurangi peradangan. Untuk manfaat ini, kunyit putih dapat digunakan secara eksternal atau mengonsumsi ekstrak air rebusan dari akar kering kunyit putih. 

 

Meredakan nyeri

Air rebusan kunyit putih yang diminum secara rutin juga dapat meredakan rasa nyeri yang sedang dialami. Hal ini karena kunyit putih memiliki senyawa curcumenol yang bersifat analegesik.
  

 

Mengatasi maag

Secara tradisional, ekstrak air kunyit putih dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit maag. Kunyit putih memiliki kandungan yang dapat mengurangi volume gas di lambung, menurunkan kadar asam dan indeks kulkus secara signifikan. 

 
 

Sebagai obat anti nyamuk

Semua tanaman dalam keluarga zingerberaceae memiliki sifat larvisidal, tidak terkecuali kunyit putih. Minyak esensial yang terdapat dalam kunyit putih bisa menjadi obat anti nyamuk alami yang luar biasa.
Untuk menggunakannya, cobalah memasukkan beberapa tetes ekstrak minyak kunyit putih ke dalam diffuser untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam ruangan.
 

Obat anti alergi

Kunyit putih juga memiliki sifat anti alergi yang baik. Jadi, jika Kamu memiliki alergi, cobalah untuk minum secangkir teh kunyit putih secara rutin. Ini akan membantu mengurangi alergi dengan sangat cepat. 
Kandungan yang dipercaya dapat mengurangi gejala alergi ini adalah curcumin dan bisdemethoxycurcumin.
 
Meski tidak se-eksis kunyit kuning, ternyata kunyit putih juga memiliki khasiat yang tidak kalah ya Gengs untuk kesehatan. Ayo, kira-kira Kamu berniat untuk mencobanya juga enggak nih, Gengs? (BAG)
 
Sumber:
E Medicine Health. “Zedoary”.
RxList. “Zedoary”.
WebMD. “Zedoary”.
Wild Turmeric. “10 Top Uses & Benefits Of White Turmeric (Poolankilangu) For Skin, Hair & Health”.