Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Rontok

 

 

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Rambut rontok dikategorikan berlebihan bila jumlah rambut rontok lebih dari 100 helai per hari. Jika dibawah itu maka dikatakan normal.

Suka memerhatikan banyaknya rambut yang terkumpul di saluran pembuangan air atau dinding kamar mandi? Atau di handuk, sisir, dan lantai rumah? Atau bahkan mulai menyadari jika rambut Anda makin menipis dan meninggalkan “ruang lapang” di kepala?

Jika rambut rontok sebanyak 50 hingga 100 helai setiap hari masih dianggap hal yang wajar. Hal tersebut seharusnya tidak akan menimbulkan masalah atau membuat kepala menjadi cepat botak. Mengapa? Karena rambut baru akan tumbuh dan menggantikan rambut rontok tersebut. Tapi rambut rontok berlebihan bisa saja terjadi, atau bahkan, pertumbuhan rambut bisa saja terganggu dan terhenti. Akibatnya, kepala bisa kehilangan mahkota indah secara sementara atau permanen.

Rambut rontok berlebihan (lebih dari 100 helai per hari) bisa disebut sebagai telogen effluvium. Kerontokan ini terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala sehingga tidak menyebabkan kebotakan pada satu area saja (pitak). Tapi rambut tampak tipis secara keseluruhan. Menurut dokter ahli ilmu penyakit kulit, kondisi ini bisa terjadi setelah tubuh atau Anda pribadi mengalami stres atau tertekan. Selain itu, rambut rontok berlebihan hingga pertumbuhan lambat juga bisa disebabkan oleh banyak faktor berikut:

1.Stres secara emosional, misalnya kehilangan pekerjaan, sedang menjalani proses perceraian, keluarga sakit parah, dan sebaginya.

2.Stres fisik yang intensif, seperti melahirkan.

3.Adanya perubahan hormonal, seperti yang terjadi pada wanita hamil.

4.Sedang diet alias mencoba untuk mengubah pola makan.

5.Menderita penyakit jangka pendek, seperti infeksi berat atau selesai menjalani operasi.

6.Menderita penyakit jangka panjang, seperti kanker atau penyakit hati.

7.Sedang mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu, seperti antikoagulan (obat yang mengurangi kemampuan darah untuk membeku) atau beta-blocker (digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi).

8.Mengalami demam tinggi.

9.Flu.

10.Anemia parah.

11.Berat badan turun 9 kg atau lebih.

12.Baru sembuh dari sakit.

13.Menjalani pengobatan tertentu, seperti kemoterapi atau radiasi.

14.Berhenti mengonsumsi pil KB.

15.Kurangnya asupan zat besi, zinc, dan protein dalam tubuh.

16.Kurang aktifnya kerja kelenjar tiroid.

Jagalah kesehatan rambut karena itu mahkota yang sangat berharga.

sumber:aladokter.com

Kandungan Minyak Kemiri, berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai kandungan dari minyak kemiri:

1. Asam Oleostearat

Asam oleostearat adalah jenis asam yang populer digunakan untuk kebutuhan kosmetik bahkan makanan. Asam jenis ini diketahui aman untuk digunakan oleh manusia baik untuk keperluan kesehatan wajah, rambut, kulit, dan lain sebagainya. Asam olestearat juga aman dikonsumsi dalam produk makanan. Penggunaan asam oleostearat juga diketahui halal dan sangat cocok digunakan dalam produk-produk kosmetik bagi masyarakat muslim di Indonesia. Oleh karena itulah, produk-produk perawatan rambut dengan menggunakan minyak kemiri dipercaya halal dan aman digunakan oleh masyarakat.

2. Asam Linoleat

Asam linoleat merupakan asam lemak tak jenuh lainnya yang dibutuhkan oleh manusia. Hal ini adalah salah satu alasan mengapa konsumsi dari kemiri dan/ atau minyak kemiri sangat dibutuhkan oleh manusia. Asam lemak tak jenuh linoleat tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia, sehingga harus didapatkan dengan mengonsumsi asam ini dari minyak nabati. Minyak kemiri adalah salah satu minyak nabati yang dapat mencukupi kebutuhan asam lemak tak jenuh tubuh manusia. Asam jenis ini juga sangat dibutuhkan untuk kebutuhan nutrisi pertumbuhan rambut. Jika keberadaan asam ini kurang, maka kondisi rambut akan tipis dan terlihat tidak sehat juga terawat.

3. Vitamin B1

Manfaat vitamin B1 atau Thiamin merupakan salah satu kandungan dari manfaat kemiri yang banyak digunakan untuk perawatan dan kecantikan. Salah satu manfaatnya bagi kesehatan rambut adalah untuk mencegah kerontokan. Vitamin B1 dapat memperkuat akar rambut dan menjaga kesehatan sistem saraf disekitar rambut. Oleh karena itu, penggunaan minyak kemiri yang mengandung banyak vitamin B1 sangat baik untuk kesehatan rambut dan kekuatan akarnya.

4. Asam Minyak

Asam minyak adalah salah satu jenis asam lain yang terkandung dalam minyak kemiri. Jenis asam ini sangat baik untuk perawatan rambut kering. Penggunaan minyak kering dapat membantu melembutkan rambut yang rusak dan kering, sehingga sangat disarankan untuk digunakan untuk perawatan rambut anda.

5. Asam Stearat

Asam stearat adalah zat asam jenis lain lagi yang banyak digunakan dalam produk shampoo. Jenis asam ini mampu menghilangkan ketombe dan merawat rambut yang rontok. Kemiri mengandung asam stearat yang cukup banyak, sehingga penggunaan kemiri juga dapat membantu menghilangkan ketombe.

6. Palmitat

Palmitat adalah salah satu jenis asam lemak jenuh yang dihasilkan dari minyak nabati. Salah satu penghasil palmitat adalah melalui minyak kemiri. Minyak kemiri dengan kandungan palmitat bermanfaat untuk merawat rambut yang menderita rontok dan kebotakan.

7. Protein

Manfaat protein seperti diketahui secara umum merupakan salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh manusia. Setiap bagian tubuh sangat membutuhkan asupan protein yang cukup. Termasuk juga rambut memerlukan asupan protein. Asupan protein dapat didapatkan dengan penggunaan minyak kemiri. Minyak kemiri dapat membantu rambut terus terjaga sehat dan tampak indah.

8. Miristat

Miristat merupakan salah satu kandungan minyak kemiri yang paling banyak manfaatnya. Mulai dari menghitamkan rambut secara alami, penyuburan rambut, hingga penghilangan kutu yang dapat merusak kulit kepala anda. Minyak kemiri memiliki kandungan miristat yang dapat membantu masalah-masalah kulit kepala dan kepala seperti disebutkan di atas.

9. Zat Lemak

Zat lemak merupakan salah satu kandungan zat yang ada pada minyak kemiri. Zat lemak ini sangat bermanfaat untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut secara alami. Minyak kemiri memiliki kandungan zat lemak yang cukup banyak untuk mampu menyuburkan dan menghitamkan rambut dengan aman dan tanpa resiko kesehatan apapun.

Berdasarkan penjelasan di atas, mayoritas kandungan dari kemiri adalah minyak. Kuantitas minyak kemiri yang sangat banyak dihasilkan dari biji kemiri tidak berarti sebagai minyak yang berbahaya bagi kesehatan. Faktanya, minyak ini malah sangat populer untuk digunakan baik untuk penyembuhan masalah rambut ataupun perawatan rambut untuk tetap sehat dan terawat.

Rambut sama seperti bagain tubuh manusia lainnya memerlukan perawatan untuk tetap sehat dan terawat. Perawatan rambut dapat dilakukan salah satunya dengan penggunaan minyak kemiri.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Perawatan Rambut

Minyak kemiri mengandung sebuah zat asam yang bernama asam oleostearat. Zat asam ini merupakan asam lemak jenuh yang sangat populer penggunaannya untuk produk-produk kosmetik dan kecantikan. Selain itu, kandungan dalam minyak kemiri masih banyak lagi macamnya. Beberapa kandungan lain yang juga sangat bermanfaat untuk manusia adalah asam linoleat, vitamin B1, asam minyak, asam stearat, palmitat, protein, miristat, zat lemak dan lain sebagainya. Setiap kandungan tersebut dapat memberikan banyak manfaat, khususnya pada bagian rambut.

Menyuburkan Rambut Pada Bayi dan Anak-Anak Hingga Orang Dewasa

Kondisi rambut seseorang dapat terlihat sejak masih bayi dan kanak-kanak. Bayi pada umumnya akan terlihat apakah memiliki rambut yang tebal atau tidak. Selain itu, pada masa bayi dan kanak-kanak orang tua akan dengan mudah mengetahui apakah rambut anaknya cukup lebat dan tidak berwarna pirang. Jika ternyata rambut bayi tipis dan berwarna kemerahan, orang tua biasanya akan memilih minyak kemiri untuk menyuburkan rambut bayinya. Hal ini sangat mungkin dilakukan karna minyak kemiri memang aman digunakan untuk berbagai usia, bahkan bayi sekalipun.

Menumbuhkan Rambut yang Botak

Rambut botak merupakan salah satu keadaan yang disebabkan oleh banyaknya akar rambut yang mati dan tidak menumbuhkan rambut lagi. Minyak kemiri merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menyuburkan dan menutrisi kembali akar-akar mati tersebut. Anda cukup mengoleskan minyak kemiri pada bagian kepala yang botak dan tidak berapa lama anda akan menemukan rambut anda akan mulai tumbuh kembali. Anda harus mengoleskannya dengan rutin, sehingga dalam hitungan minggu anda sudah dapat menutup kembali kebotakan di kepala anda.

Mencegah Kerontokan Rambut

Selain bemanfaat untuk menyuburkan kembali akar rambut yang sudah mati, minyak kemiri juga dapat menguatkan akar-akar rambut yang masih hidup. Hal ini dapat mencegah kerontokan rambut di usia dini. Penggunaan produk produk pewarnaan rambut misalnya akan dapat membahayakan akar rambut, sehingga rambut menjadi mudah rontok. Akan tetapi, minyak kemiri dapat mengatasi masalah tersebut. Minyak kemiri dapat mencegah kerontokan rambut dengan terus menutrisi akar rambut.

Menguatkan Akar Rambut untuk Pemulihan Rambut Rontok

Minyak kemiri juga dapat menjadi alternatif pengobatan untuk memulihkan rambut yang rontok. Rambut rontok adalah awal dari kebotakan dini yang dapat mengancam siapa saja. Seperti diketahui, produk produk perawatan rambut rontok cukup mahal harganya. Padahal anda dapat melakukan perawatan dengan manfaat yang sama menggunakan minyak kemiri. Manfaat minyak kemiri untuk perawatan rambut yang satu ini mampu menutrisi kembali akar-akar rambut yang rusak dan menguatkannya kembali. Hal ini kemudian dapat mengurangi resiko rambut yang rontok terus menerus.

Mencegah Munculnya Ketombe

Ketombe merupakan salah satu contoh masalah rambut yang disebabkan oleh jamur pada kulit kepala. Keadaan kulit kepala yang berketombe akan sangat mengganggu aktifitas anda. Kulit kepala anda akan terasa gatal dan juga akan muncul butiran ketombe berwarna putih yang dapat mengganggu penampilan anda. Minyak kemiri memiliki kandungan yang dapat mencegah munculnya jamur pada kulit kepala. Hal ini dapat dilakukan dengan rutin mengoleskan minyak kemiri pada bagian kulit kepala anda, sehingga ketombe pun tidak dapat tumbuh dan merusak kulit kepala anda.

Selain pencegahan untuk munculnya ketombe, minyak kemiri juga dapat digunakan untuk membersihkan ketombe dari kulit kepala anda. Seperti telah dijelaskan, ketombe sangatlah mengganggu bagi manusia. Oleh karena itu, penanggulangan segera bagi kulit kepala berketombe harus langsung dilakukan. Jika tidak, maka ketombe akan terus menyebar hingga ke seluruh permukaan kulit kepala. Anda dapat menghilangkan ketombe dengan mengoleskan minyak kemiri ke bagian kulit kepala secara rutin. Lakukan sebanyak dua kali setiap harinya.

Menumbuhkan Kumis, Jenggot, atau Jambang

Pria seringkali memiliki keinginan untuk memiliki kumis, jenggot, dan/ ataupun jambang yang lebat. Sayangnya, menumbuhkan kumis, jenggot, dan jambang tidaklah semudah kelihatannya. Perlu dilakukan perawatan dan tentunya penutrisian akara-akar rambut tersebut untuk dapat tumbuh dengan lebat. Minyak kemiri adalah salah satu cara yang dapat anda jadikan pilihan untuk melakukan perawatan kumis, jenggot, dan jambang. Anda cukup mengoleskan minyak kemiri secara rutin di bagian yang anda inginkan. Ha ini kemudian dapat menutrisi akar rambut di bagian-bagian tersebut untuk tumbuh lebih subur.

Membuat Alis Mata dan Bulu Mata Menjadi Lebih Tebal

Wanita lain lagi keingginannya, biasanya wanita ingin memiiki alis dan bulu mata yang lebat dan panjang. Berbagai cara dilakukan oleh para wanita untuk mendapatkan alis dan bulu mata untuk melengkapi kecantikannya. Akan tetapi, cara alami yang sebenarnya dapat menebalkan alis dan bulu mata adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Cukup dengan rutin menggunakannya pada bagian alis dan bulu mata anda, maka anda akan dengan mudah mendapatkan hasil yang anda inginkan. Manfaat minyak kemiri ini sangat alami, aman dan tidak menimbulkan resiko yang dapat membahayakan kesehatan anda.

Menghilangkan Kutu Pada Rambut

Salah satu kandungan minyak kemiri adalah miristat. Zat ini memiliki kemampuan yang sama dengan obat penghilang kutu pada rambut. Sehingga bagi anda yang menderita serangan kutu pada rambut anda, penggunaan minyak kemiri juga dapat membantu anda. Minyak kemiri ini akan mematikan kutu rambut dan membuatnya tidak bersarang lagi di kepala anda. Luka-luka pada kulit kepala yang disebabkan oleh kutu rambut pun dapat segera hilang. Rambut anda pun akan kembali sehat dan bersih.

Menghitamkan Kembali Rambut Beruban

Memasuki usia yang semakin bertambah dan beban pikiran yang cukup banyak dapat membuat uban muncul dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang singkat. Keadaan ini membuat beberapa cara menghitamkan kembali rambut beruban menjadi pilihan untuk dilakukan. Selain dengan mewarnai rambut dengan pewarna, terdapat cara alami untuk mengembalikan warna rambut anda yang beruban. Minyak kemiri adalah salah satu cara alami tersebut. Minyak kemiri populer karena kemampuan memberikan warna hitam alami pada rambut anda, bahkan untuk rambut yang telah beruban.

Menghitamkan Rambut Secara Alami

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, minyak kemiri memiliki kemampuan untuk menghitamkan rambut secara alami. Hal ini tidak berlaku hanya untuk rambut beruban saja. Bagi anda yang memiliki rambut asli berwarna kemerahan, atau mungkin anak anda yang memiliki rambut kemerahan, maka anda dapat mengoleskan minyak kemiri pada rambut dengan rutin. Hasil dari penggunaan minyak kemiri adalah dapat menghitamkan rambut anda perlahan-lahan secara alami.

Melembutkan Rambut yang Kering

Rambut yang sering menggunakan produk pewarna juga produk meluruskan atau mengkeritingkan rambut dapat berakibat keringnya rambut. Rambut yang kering akan membuat keseluruhan rambut menjadi tidak segar dan sehat dilihat. Rambut kering ini pun dapat menyebabkan rambut mudah berantakan dan sulit diatur. Minyak kemiri dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penggunaan minyak kemiri secara rutin dapat menghasilkan rambut yang lembut dan terawat. Rambut anda pun tidak lagi kering dan mudah kusut, melainkan menjadi lebih mudah diatur.

Membuat Rambut Menjadi Lebih Tebal

Minyak kemiri juga sangat bermanfaat untuk menambah volume dari rambut anda. Seperti diketahui tidak semua orang terlahir dengan rambut yang bervolume banyak dan tebal. Banyak orang yang memiliki rambut tipis dan sangat sedikit kuantitasnya. Hal ini dapat menjadi masalah bagi kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, penggunaan minyak kemiri dapat membantu permasalahan tersebut. Minyak kemiri dapat berperan sebagai pupuk dan menyuburkan penumbuhan rambut sehingga dapat semakin bertambah tebal.

Membantu Proses Meluruskan Rambut Secara Alami

Penggunaan minyak kemiri pada rambut setiap habis keramas diketahui dapat meluruskan rambut anda secara alami. Cara meluruskan rambut ini dapat dipilih bagi anda yang tidak ingin rambut anda rusak akibat proses pelurusan rambut dengan alat-alat kecantikan. Proses pelurusan rambut dengan minyak kemiri ini sangat efektif. Cara penggunaannya harus anda lakukan ketika rambut baru saja dikeramaskan. Oleskan minyak kemiri dengan cara menariknya dari ujung akar hingga ke ujung rambut. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Membantu Proses Memanjangkan Rambut Dengan Cepat

Minyak kemiri merupakan pupuk bagi rambut anda. Selain membantu menumbuhkan rambut agar lebih tebal, minyak kemiri juga dapat digunakan untuk membantu rambut menjadi lebih cepat panjang. Bagi anda para wanita yang ingin memiliki rambut yang cepat panjang dapat menggunakan minyak kemiri secara rutin. Pastikan untuk mengoleskannya ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut secara rutin. Lakukan juga pijatan perlahan pada bagian kulit kepala untuk memastikan minya kemiri menyerap dengan maksimal.

Menguatkan Akar Rambut Agar Menjadi Lebih Kuat

Akar rambut yang tidak sehat dan kuat merupakan sumber segala masalah pada rambut anda. Oleh karena itu, kunci untuk mendapatkan rambut yang sehat dan terawat adalah dengan memiliki rambut dengan akar yang kuat. Salah satu manfaat minyak kemiri ini adalah menguatkan akar rambut. Penggunaannya yang rutin sangat disarankan walau anda tidak memiliki masalah rambut yang serius. Penggunaan minyak kemiri secara rutin dapat dianggap sebagai cara perawatan alami dan mudah bagi rambut anda.

Menutrisi Kulit Kepala Agar Sehat dan Terawat

Kulit kepala dan rambut anda sama seperti bagian tubuh anda yang lain. Seluruh bagian tubuh memerlukan vitamin untuk menutrisinya. Penggunaan minyak kemiri pada kulit kepala anda adalah salah satu cara menutrisi kulit kepala dengan vitamin. Seperti diketahui, minyak kemiri mengandung vitamin B1 yang sangat dibutuhkan oleh kulit kepala dan rambut anda.

Menjaga Kesehatan Saraf di Sekitar Kulit Rambut

Kesehatan saraf pada seluruh bagian kepala anda juga menjadi penting untuk diperhatikan. Perawatan dengan menggunakan minyak kemiri memungkinkan untuk membuat saraf menjadi lebih rileks dan tetap terjaga kesehatannya. Oleh karena itu, penggunaan minyak kemiri secara merata di seluruh bagian kulit kepala sangatlah disarankan.

Itulah tadi ulasan mengenai 18 manfaat minyak kemiri untuk perawatan rambut yang sehat dan terawat. Penggunaan minyak kemiri ini sangat disarankan untuk digunakan sehari-hari sebagai ritual perawatan rambut anda.

Minyak kemiri asli kini dapat didapatkan di setia kangen water bali :

📍 Cabang 1:
Jl. Tukad Baru No.3B, Pemogan, Denpasar Selatan
Google map : setia kangen water

📍 Cabang 2:
Jl. Gunung Tangkuban Perahu, Tegal Buah depan ACK

free ongkir silahkan wa 081238107412

atau klik link dibawah ini untuk pemesanan:

Silahkan klik link ini untuk memesan Minyak Kemiri Aslinya

Beberapa kesaksian pelanggan kami: