Manfaat Air Kayu Manis

 

 

 

 

Biasanya, bahan alami ini digunakan untuk bahan makanan penutup seperti kue atau roti.

Meski rasanya manis, kayu manis bisa membantu menurunkan kadar gula darah, lo.

Sehingga ini baik bagi pasien diabetes, teman-teman. Kadar gula yang tidak terkendali bisa berbahaya  bagi pasien diabetes karena bisa menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kerusakan saraf.

Yuk, kita cari tahu manfaat kayu manis untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Kayu manis memiliki aroma dan rasa yang sangat khas. Rempah-rempah ini tidak hanya digunakan sebagai perasa masakan, tetapi juga obat alami.

Karena, kayu manis kaya akan berbagai sifat antioksidan dan antibiotik. Salah satu cara terbaik untuk mengekstrak manfaat kesehatan dari kayu manis adalah dengan merendamnya di dalam air.

Sejumlah ahli kesehatan dilansir dari NDTV, berpendapat bahwa air kayu manis memiliki khasiat yang tak terhitung, terutama dalam penyembuhan.  

 

 

 

 

Manfaat Kayu Manis 

 

 

Selain digunakan untuk bumbu masakan, kayu manis juga sering dijadikan bahan obat-obatan dan pengawet makanan.

Kayu manis ini asalnya dari batang tumbuhan Cinnamomum.

Sebelum bisa dikonsumsi, batang kayu manis dikeringkan sampai menggulung, seperti yang sering kita lihat di pasar. Setelahnya, kayu manis bisa diproses menjadi bubuk kayu manis.

Ada dua jenis kayu manis, yaitu Ceylon dan Cassia.

Lalu, apa saja manfaatnya, ya?

Berikut ini beberapa manfaat minum dan menghirup air rendaman kayu manis.   

 

 

 

 

Menurunkan Kadar Gula Darah Setelah Makan 

 

 

 

Beberapa makanan tertentu bisa membuat kadar gula darah meningkat secara tiba-tiba.

Kayu manis bisa membantu menurunkan kadar gula darah yang naik secara tiba-tiba setelah makan.

Ini karena kayu manis memperlambat pencernaan makanan dari dalam perut.

Penelitian lainnya menyebutkan kayu manis menurunkan kadar gula darah setelah makan dengan menghambat enzim yang menguraikan karbohidrat di usus kecil.  

 

 

 

Mencegah Stress Oksidatif 

 

 

Kayu manis mengandung antioksidan yang tinggi, ini baik untuk melawan radikal bebas di tubuh, sehingga menghindari stres oksidatif.

Nah, stres oksidatif ini memengaruhi kondisi diabetes tipe 2 dan beberapa penyakit kronis lainnya.  

 

 

 

Mempengaruhi Intensivitas Insulin 

 

 

Pada pasien diabetes tipe 1, tubuh tidak bisa memproduksi insulin. Sedangkan, pada diabetes tipe 2, tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau tidak bisa menggunakan insulin dengan baik.

Kayu manis bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan meniru pekerjaan insulin yang bertugas mengantar glukosa ke sel di tubuh.

Bahan alami ini juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin yang sudah ada di tubuh, sehingga bisa lebih baik bekerja mengantar glukosa ke sel. 

 

 

 

Mengurangi efek PCOS 

 

 

Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS adalah penyakit ketidakseimbangan hormon  ketika ovum atau sel telur pada perempuan tidak berkembang secara normal. Sesuai PCOS Awareness Association, air kayu manis yang dicampur dengan madus dapat membantu mengurangi efek PCOS. Menurut sebuah penelitian dalam Journal Fertility and Sterility, air kayu manis dapat mengurangi resistensi insulin pada wanita dengan PCOS. 

 

 

 

Meningkatkan kekebalan sistem 

 

 

Air kayu manis juga kaya polifenol antioksidan dan proanthocyanidins yang memberikan dorongan untuk kekebalan sistem. Sifat antivirus, antibakteri dan antijamurnya membantu mengurangi kemungkinan mengembangkan berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan, masalah jantung dan lainnya. 

 

 

 

Meringankan kram menstruasi 

 

 

Menurut sebuah penelitian di Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, wanita yang minum air kayu manis mengalami rasa sakit akibat menstruasi lebih ringan dalam waktu singkat. Satu cangkir air kayu manis hangat setiap hari bisa membantu mengurangi efek kram menstruasi.  

 

 

 

Mengurangi peradangan 

 

 

Orang yang mengalami nyeri sendi atau radang sendi juga disarankan minum air kayu manis untuk meringankannya. Karena air kayu manis bersifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit berlebihan. Air kayu manis juga membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah yang bisa menghambat perkembangan kondisi seperti radang sendi.  

 

 

 

Mengurangi efek parkinson 

 

 

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Neuroimmune Pharmacology, air kayu manis dapat memperlambat perkembangan penyakit parkinson.

Meskipun air kayu manis memberikan sejumlah manfaat kesehatan, Anda tetap perlu berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsinya.  

 

 

 

 

Mengkonsumsi Kayu Manis dengan Teh 

 

 

Kita bisa mendapatkan manfaat kayu manis dengan mencampurkannya ke dalam teh, teman-teman.

Ingat ya, tehnya tidak perlu diberi gula, karena kayu manis ini akan memberikan rasa manis. Kita bisa meminum teh saat perut sudah terisi.

Setiap hari, mengonsumsi kayu manis sebanyak ½ sampai 1 sendok teh saja sudah cukup, kok.

O iya, kayu manis yang digunakan sebagai campuran teh ini sebaiknya merupakan kayu manis Ceylon, karena kayu manis jenis Cassia mengandung lebih banyak kumarin yang tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi.

Meski bisa menyeimbangkan kadar gula, konsumsi kayu manis seperlunya saja supaya tidak jadi kekurangan gula dalam darah, ya. 

 

Kebiasaan Ini Bisa Membuat Gula Darah Naik

 

3 Cara Mudah Menyeimbangkan Gula Darah