Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Diabetes

 

 

 

 

 

Pengidap diabetes wajib minum air kelapa. Kandungannya mengandung banyak serat yang bagus untuk mengendalikan gula darah. Pengidap diabetes tipe dua sekali pun sangat dianjurkan minum air kelapa. Dari sini, gula darah bisa Anda tetap terkendali.

Kandungan air kelapa bisa membersihkan racun. Bisa juga menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.

Nutrisi pentingnya juga banyak. Ada vitamin B1, natrium, vitamin C, fosfor, tembaga,  dan zat besi.

Nah, berikut ini ulasan sepeutar manfaat air kelapa bagi pengidap diabetes: 

 

 

 

 

1. Memiliki Indeks Glikemik Rendah 

 

 

Dengan memiliki indeks glikemik rendah, maka air kelapa dapat mencegah naiknya lonjakan glukosa dalam tubuh Anda secara tiba-tiba.

Air kelapa juga mampu mencegah resistensi insulin dan diabetes tipe 2. 

 

 

 

 

2. Melancarkan Sirkulasi Darah 

 

 

Air kelapa akan memberikan bantuan besar bagi penderita diabetes dengan meredakan gejalanya. Air kelapa juga dapat membantu memperlebar pembuluh darah dan mengobati gejala utamanya seperti mati rasa dan penglihatan yang kabur. 

Itu semua disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak baik. Nah air kelapa ini dapat menjadi penyelamat bagi Anda.

 

 

 

 

3. Mengandung Nutrisi Penting 

 

 

Air kelapa ini mengandung banyak nutrisi penting seperti 25 mg magnesium, 0.29 mg zat besi, 24 mg kalsium, 2,4 mg vitamin C, 250 mg kalium, 3 mcg folat, 105 mg natrium dan dua garam yang sangat diperlukan oleh tubuh Anda.

Semua nutrisi ini mencegah fluktasi glukosa darah dalam tubuh Anda. Dengan begitu, kadar gula darah penderita diabetes akan terkendali. 

 

 

 

4. Mengandung Dua Garam Penting 

 

 

Dua garam penting bagi tubuh Anda adalah kalium dan natrium. Ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tekanan darah tetap terkendali. Namun ini juga bermanfaat untuk mengontrol diabetes. 

 

 

 

5. Membantu Kontrol Berat Badan 

 

 

Berat badan ini sangat berpengaruh untuk penderita diabetes. Air kelapa memiliki kebaikan untuk mencegah rasa lapar tanpa mengurangi nutrisi penting di dalam tubuh, ini dikarenakan kandungan serat di dalamnya. 

Kandungan antioksidan dan asam lemak omega-3 di dalam air kelapa juga menjaga kadar glukosa tubuh dan mencegah naiknya berat badan berlebih.

 

6. Mengandung Banyak Serat

 

 

Dalam 100 gram air kelapa ini memiliki kandungan serat makanan sebanyak 1,1 gram. Dengan adanya serat tersebut akan membantu melacak kadar glukosa dalam tubuh Anda.

Oleh karena itu, kandungan serat tinggi dan kandungan karbohidrat yang rendah membuat air kelapa ini penting dikonsumsi penderita diabetes. 

 

Berapa Nilai Gula Darah Yang Baik