Tips Agar Bisa Mengkonsumsi Sayuran Segar

 
 
  

Salah satu kunci kesehatan yang tidak banyak diedukasikan adalah konsumsi sayuran dalam keadaan segar. Banyak orang yang paham bahwa makan sayur itu penting, tapi tidak banyak yang mengerti manfaat 100% sayuran adalah saat disantap dalam keadaan segar. 

Panas, dalam wujud apapun, akan merusak unsur enzim, antioksidan, yang sangat vital dalam nilai manfaat sayuran. Panas dan pemrosesan sayuran juga rentan merusak vitamin, mineral dan beberapa unsur lain dalam sayuran.

Ada kendala signfikan dari banyak orang untuk mengkonsumsi sayuran segar, masalah rasa! Sayangnya lagi kebanyakan acuan makan sayuran segar, dalam bentuk menu salad, tidak sesuai dengan lidah lokal masyarakat Indonesia. Konsep salad acap menyajikan sayuran segar dengan siraman saus (dressing) yang terkesan tidak kaya rasa. Vinegar dressing dan Garlic dressing semisal, sering dianggap tidak sesuai dan tidak menambah selera untuk mengkonsumsi sayuran segar. 

Kuliner Indonesia sebagai salah satu seni kuliner dengan permainan cita rasa yang kaya dan termasuk terbaik di dunia sebenarnya punya saus atau dressing khas dengan nama sambal. Ada aneka ragam sambal terdapat di bumi Nusantara. 

 

Berbasis cabai, sambal sudah turun temurun dikenal sebagai penambah rasa dan selera dalam beragam menu lokal yang biasa disantap. Cabai sendiri adalah substansi yang kaya manfaat, mengandung enzim, antioksidan, vitamin, mineral dan lain sebagainya. Cabai juga dikenal secara tradisional untuk beragam khasiat terapikal, pereda rasa sakit, penguat tubuh, pelancar darah dan masih banyak lagi.

 

Kandungan Capcaisin dalam cabai memang relatif pedas dan panas. Dalam jumlah tertentu bisa mengganggu organ cerna, terutama lambung. Namun ini bisa diatasi dengan mengatur porsi cabai agar derajat kepedasannya bisa disesuaikan kemampuan pencernaan masing-masing individu. Mau sehat? Perbanyak makan sayuran segar! Dan sambal adalah dressing sayuran segar terbaik untuk disantap masyarakat Indonesia

Ditulis oleh : Erikar

Microgreen

 

Klik untuk membaca buku keajaiban enzim