6 Cara Menaikkan Kadar Asam Lambung yang Rendah

 

 

 

 

Mengobati kadar asam lambung yang rendah tergantung pada penyebab yang mendasarinya, mulai dari periksa ke dokter dan dokter akan memberitahu kamu untuk menaikkan kadar asam lambung yang rendah dan bisa juga sendiri.

Jika kita telah diresepkan obat antasid untuk gejala mulas, dokter dapat mengubah resep Anda untuk menghindari pemicu gejala hipoklorhidria. Seperti yang dilansir dari healthline.com, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membantu meningkatkan kadar asam lambung. Berikut 5 cara menaikkan kadar asam lambung dengan cepat. 

 

 

1. Mengunyah makanan dengan baik

 

Yang satu ini perlu diperhatikan, maksudnya makanan yang kamu makan perlu dikunyah sedikit agak lama, karena makanan yang dikunyah terus-menerus akan membantu tugas lambung dalam mengolah makanan. lambung jadi lebih sedikit mengeluarkan asam untuk menhancurkan makanan yang kita cerna.  

 

 

 

 

2. Makan-makanan sehat  

 

Sudah tidak diragukan lagi mengonsumsi makanan sehat memang banyak sekali manfaatnya baik untuk di dalam tubuh maupun di luar tubuh. Untuk kamu yang kadar asam lambungnya rendah, konsumsi saja makanan sehat seperti sayuran dan buah. Itu sudah sangat cukup menaikkan kadar asam lambungnya. 

 

 

 

 

3. Konsumsi makanan yang difermentasi 

 

Makanan fermentasi seperti kimchi dan acar cocok untuk menaikkan kadar asam lambung yang rendah. 

Manfaatnya yang tidak diragukan lagi, sayuran dan makanan fermentasi memiliki efek probiotik yang dapat meningkatkan pencernaan, melawan bakteri berbahaya dan mengurangi peradangan dari asam lambung yang rendah.

Selain meningkatkan pencernaan, sayuran fermentasi telah dikaitkan dengan memperkuat fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan berat badan, dan menurunkan tekanan darah. 

Sebelum memasukkan makanan fermentasi ke dalam makanan, diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter. 

 

 

 

4. Minum cuka apel yang sudah dilarutkan air  

Minum cuka sari apel, cuka sari apel mentah adalah cairan fermentasi yang terbuat dari apel, bakteri, dan ragi yang dihancurkan. Kaya akan protein dan enzim yang dapat membantu memecah bakteri dalam makanan. Cuka sari apel mentah dapat meningkatkan kadar asam lambung karena sifat asamnya memasukkan lebih banyak asam ke dalam saluran pencernaan.

Selain meningkatkan kadar asam lambung, cuka sari apel mentah telah dikaitkan dengan mengurangi gejala dari refluks asam, diabetes, dan gula darah tinggi. Untuk menggunakan cuka sari apel, encerkan sedikit dengan air dan minum sebelum makan. Tanpa air atau pelarut lain, cuka sari apel dapat merusak enamel pada gigi.  

 

 

 

5. Makan Jahe 

 

Makan jahe, jahe dikenal luas karena sifat anti-inflamasinya, kualitas penting untuk mengurangi peradangan dari asam lambung yang rendah. Ini juga telah diakui sebagai pengobatan alternatif untuk refluks asam dan gangguan pencernaan lainnya. 

Kamu bisa mengiris, memarut, atau memasukkan jahe ke dalam teh dan makanan. Ini juga tersedia sebagai suplemen oral dan bubuk. 

Konsultasikan dengan dokter sebelum memasukkan jahe ke dalam makanan. 

 

 

 

6. Minum Setia Kangen Water Bali 

Setia Kangen Water Bali adalah air yang memiliki pH 9.5 / basa, pH ini sangat baik dalam membantu asam lambung agar pH asam di lambung di netralkan. 

 

 

Manfaat puasa intermittent untuk lambung