Makanan dan Minuman yang Bersifat Oksidasi Tinggi/ Cepat Membuat Sel Kita Menjadi Tua ( Penuaan Dini )

Kalau Tidak Mau Cepat Tua, Tolong Jangan Banyak Mengkonsumsi 5 Makanan Ini

 

Makanan berikut bisa membuat seseorang tampak lebih cepat tua jika sering dikonsumsi. 

Penuaan dini dapat terjadi karena beberapa faktor termasuk dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Penuaan dini tidak hanya dapat menyebabkan sakit dan nyeri, namun juga dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti diabetes, jantung, dan kanker.

Untuk dapat mengurangi risiko dalam penuaan dini, banyak orang mengganti pola makan dan gaya hidup. Mereka melakukan diet untuk membuat dirinya tetap muda atau mengurangi beberapa makanan yang dapat menyebabkan penuaan dini tersebut.

 

Dirangkum dari Hearty Aging (25/11), berikut adalah 5 makanan yang bisa bikin cepat tua:

1. Margarin

 

Margarin merupakan produk sejenis mentega yang terbuat dari minyak nabati atau minyak hewani. Margarin juga bisa terbuat dari susu, garam, dan pengemulsi. Margarin dianggap sebagai pengganti mentega tanpa lemak, namun ternyata masih tetap ada kandungan lemaknya walaupun sedikit.

Margarin memiliki rasa yang cenderung asin dari mentega, maka itu margarin sering digunakan dalam masakan Anda sebagai pengganti garam. Margarin juga sering digunakan dalam pembuatan roti, bolu, dan kue yang dianggap lebih baik dari mentega.

Walaupun memiliki kegunaan yang baik dalam pengolahan roti dan lainnya, margarin ternyata mengandung lemak trans yang meningkatkan risiko terkena penyakit kronis. Margarin juga dapat mengacaukan tingkat hidrasi pada tubuh. Kacaunya hidrasi pada tubuh ini dapat menyebabkan munculnya keriput yang membuat Anda terkena penuaan dini.

 

2. Makanan siap saji

 

Untuk membuat Anda hidup lebih praktis minimarket memberikan kemudahan dengan menjual beberapa makanan siap saji yang bisa Anda panaskan sebelum mengonsumsinya. Ini membuat Anda lebih praktis saat sedang sibuk dan tak sempat memasak.

Namun kepraktisan tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan Anda. Karena Anda tidak pernah mengetahui kandungan garam dan lainnya yang terdapat pada makanan tersebut. Karena adanya kandungan garam berlebih ini dapat menyebabkan penuaan dini pada diri Anda. Kandungan garam atau sodium dapat menyebabkan retensi air dan membuat wajah Anda membengkak.

Jadi pastikan untuk mengurangi makanan cepat saji yang bisa Anda hangatkan pada microwave tersebut. Lebih baik membuat makanan Anda sendiri, karena selain lebih sehat Anda juga mengetahui jelas kandungan yang ada pada makanan tersebut. Bahkan Anda juga mengetahui kadar garam pada makanan tersebut.

 

3. Minuman berenergi dan soda

 

Minuman berenergi ini diantaranya adalah minuman yang banyak mengandung gula, kafein, sodium, dan acid. Minuman dengan kandungan tersebut juga jangan Anda konsumsi saat ingin tidur karena akan membuat Anda lebih sulit untuk tidur. Saat Anda sudah sulit untuk tidur, penuaan dini akan menyerang Anda.

Minuman berenergi ini adalah jus, kopi, dan lainnya yang memiliki kandungan gula serta kafein tinggi. Memang benar beberapa minuman tersebut akan membantu Anda saat ingin mengerjakan suatu pekerjaan yang membutuhkan energi tinggi. Namun itu tidak baik bagi kesehatan serta penuaan dini pada tubuh Anda.

Saat Anda meminum minuman tersebut, Anda akan terjaga sepanjang malam. Lalu membuat Anda akhirnya kurang tidur setelah itu menyebabkan adanya kantung mata pada bawah mata Anda. Itu akan membuat Anda terlihat tidak segar dan terjadi penuaan dini.

 

Penjelasan soda silahkan klik 

 

4. Makanan tinggi gula

 

Makanan dengan kandungan gula yang tinggi terdapat pada beragam makanan tak hanya makanan penutup saja. Kandungan gula yang tinggi ini merupakan musuh masyarakat yang paling besar karena adanya kandungan gula yang tinggi tersebut dapat menyebabkan penuaan dini.

Anda pastinya setiap hari mengonsumsi gula atau makanan yang mengandung gula. Namun saat Anda sudah mengetahuinya, Anda harus menjaga atau mengatur banyaknya konsumsi gula. Mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan diabetes, peradangan, dan juga kerusakan pada gigi.

Ternyata tak hanya dapat menyebabkan penuaan dini serta diabetes, kandungan gula berlebih juga berkontribusi dalam pembentukkan sel kanker pada tubuh. Jadi, pilihlah dengan cermat makanan yang akan Anda konsumsi. Sebisa mungkin Anda harus mengurangi atau bahkan meninggalkan makanan dengan kandungan gula yang tinggi seperti permen, soda, dan lainnya.

 

5. Minuman beralkohol

 

Satu lagi yang harus dihindari agar tidak terjadi penuaan dini pada diri Anda, yaitu minuman beralkohol. Minuman beralkohol adalah minuman keras yang dapat memabukkan. Biasanya sebagian orang mengonsumsi minuman beralkohol ini untuk menghilangkan stress.

Adanya kandungan etanol pada minuman beralkohol ini yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran pada penikmatya. Minuman beralkohol juga kadarnya dibagi, ada yang memiliki kadar alkohol rendah adapula yang memiliki kadar alkohol tinggi. Minuman beralkohol ini dibatasi oleh sejumlah negara, bahkan untuk mengonsumsinya ada batasan usia tertentu.

Minuman beralkohol ini dapat menyebabkan kerusakan radikal bebas pada tubuh Anda. Minuman ini juga dapat menghilangkan vitamin A dalam tubuh yang sangat penting sebagai proses pembaruan dan pergantian sel pada kulit. Jadi, jika Anda ingin terhindar dari penuaan dini sebaiknya mengurangi konsumsi minuman beralkohol, dan perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga tingkat hidrasi Anda.