Dasar Ilmiah Penggunaan Air Kaya Hidrogen & Keamanan Jangka Panjangnya Dibidang Kesehatan

 

 

 

 

DASAR ILMIAH PENGGUNAAN AIR KAYA HIDROGEN & KEAMANAN JANGKA PANJANGNYA DI BIDANG KESEHATAN 

 

PENGANTAR.

1. Saat ini di masyarakat kita beredar berbagai air yang dianggap bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari air reverse osmosis (RO), air oksigen, air alkali, air hidrogen, air yang diklaim mengandung antioksidan, dan banyak lagi.

2. Mayoritas penelitian di berbagai jurnal kedokteran ternyata tidak mendukung sebagian besar klaim kesehatan tentang air-air tersebut. Hanya ada satu jenis air yang didukung jurnal-jurnal kesehatan, baik manfaat maupun keamanan jangka panjangnya, yaitu air kaya hidrogen yang bersifat alkali dan kaya akan antioksidan.

SEJARAH PENEMUAN AIR ALKALI TERIONISASI KAYA HIDROGEN 

1. Air alkali (alkaline water) yang kaya akan hidrogen pertama kali diteliti secara ilmiah sekitar tahun 1931 di Jepang, setelah para ilmuwannya mempelajari manfaat kesehatan yang dimiliki oleh air-air alami di berbagai belahan dunia.

2. Selama ribuan tahun jutaan orang minum berbagai air tersebut, banyak sekali penyakit yang terbukti mengalami perbaikan. Masyarakat dunia menganggapnya sebagai air suci atau bahkan air ajaib, mulai dari air Zamzam di Mekah, air Hita Tenryosui di Jepang, air Nordenau di Jerman, air Lourdes di Perancis, air Hunza di Himalaya, air Tiacote di Meksiko, dan lain-lain.

3. Air-air alami di atas ternyata memiliki karakteristik yang sama, yaitu pH-nya (kadar keasaman) lebih tinggi yaitu berkisar antara 8 s/d 10. Perlu diketahui bahwa air yang biasa kita minum, memiliki pH yang netral, yaitu 7, dari skala 0 (paling asam) dan 14 (paling basa).

4. Dalam penelitian berjudul “Zamzam water: concentration of trace elements and other characteristics” di Journal of Chemospher, tahun 2012 dikatakan bahwa air Zamzam bersifat basa (alkali), dengan rata-rata pH sekitar 8.

5. Selain karena pH-nya yang lebih tinggi, banyak manfaat kesehatan dari air alkali dihubungkan dengan kadar antioksidannya yang melimpah.

6. Antioksidan sangat penting peranannya dalam menetralisir berbagai radikal bebas yang setiap hari masuk ke dalam tubuh kita. Karena itulah, air Zamzam dan air-air alami lainnya disebut juga sebagai natural reduced water, karena ketika keluar dari mata airnya telah tereduksi secara alami sehingga kaya akan antioksidan.

7. Sebuah penelitian pada Journal of Diabetes & Metabolism tahun 2013 berjudul “Zamzam Water Ameliorates Oxidative Stress and Reduces Hemoglobin A1c in Type 2 Diabetic Patients” menyimpulkan bahwa air Zamzam dapat mengurangi tingkat stres oksidatif sekaligus menurunkan kadar HbA1C (parameter rata-rata gula darah tiga bulan terakhir) pada pasien diabetes tipe 2.

 

PENGGUNAAN AIR ALKALI KAYA HIDROGEN UNTUK KESEHATAN MASYARAKAT

1. Dalam penelitian di Journal Trends in Food and Science Technology berjudul Advanced research on the health benefit of reduced water dikatakan bahwa di Jepang, riset mengenai air fungsional (air yang memiliki fungsi khusus), terutama reduced water (air tereduksi), berkembang dengan pesat.

2. Air tereduksi dapat menangkap senyawa oksigen reaktif atau radikal bebas pada kultur sel percobaan. Dari berbagai air tereduksi, air yang diaktivasi dengan metode elektrolisis (air terionisasi) merupakan air yang paling banyak diteliti. Air yang dihasilkannya, karenanya disebut sebagai electrochemically reduced water (ERW).

3. ERW merupakan air kesehatan yang populer di Jepang. ERW disebut juga sebagai electrolyzed water, alkali-ionic water, alkaline cathodic water, dan alkaline ionized water, berdasarkan fitur fisika, kimia, serta fisiologinya. ERW memiliki pH alkali dan kaya akan molekul hidrogen dan karenanya dinamakan juga sebagai air kaya hidrogen (hydrogen rich-water, HRW).

4. Di tahun 1960, air kaya hidrogen mulai digunakan di dunia medis sebagai cairan kesehatan, dan di tahun 1966, Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang mengakui efektivitasnya untuk diare kronis, gangguan pencernaan, fermentasi saluran cerna yang abnormal, dan sebagai antasida untuk penyakit lambung.

5. Depkes Jepang mengizinkan penggunaan mesin yang dapat memproduksi ERW untuk digunakan di rumah-rumah. Mesin ini mampu mengubah air yang biasa kita minum, menjadi memiliki sifat-sifat seperti air Zamzam, yaitu pH yang tinggi dan kaya antioksidan.

6. Air alkali kaya hidrogen dianggap memiliki efek pencegahan dan pengobatan terhadap berbagai penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif seperti diabetes, kanker, arteriosklerosis, penyakit neurodegeneratif, dan berbagai efek samping dari hemodialisis.

7. Pada tahun 1978, Departemen Kesehatan Korea Selatan juga mengizinkan penggunaan mesin tersebut oleh seluruh penduduknya.

8. Sejak tahun 1966, mesin air kaya hidrogen (water ionizer) terjual ratusan ribu unit setiap tahunnya. Menurut laporan resmi Association of Alkaline Ionized Water Apparatus di Jepang, terdapat lebih dari 18 perusahaan yang masuk ke bisnis mesin air alkali terionisasi ini, dan beberapa tahun terakhir penjualan mesinnya mencapai lebih dari 300 ribu unit per tahunnya, dan diperkirakan pasarnya akan terus meningkat.

 

PENGGUNAAN AIR ALKALI KAYA HIDROGEN DI AMERIKA

1. Walau baru 16 tahun digunakan masyarakat Amerika sejak masuk pertama kali di tahun 2003. Di situs resmi American Family Physician (AFP), yang merupakan jurnal ilmiah dua mingguan dari American Academy of Family Physician (AAFP), air yang bersifat alkali telah direkomendasikan sebagai bagian dari terapi di dunia kedokteran, khususnya untuk pencegahan penyakit batu ginjal.

2. Pada panduan di tahun 2011 mengenai “Treatment & Prevention of Kidney Stones: An Update” tertulis, “untuk pencegahan batu kalsium oksalat, batu sistine, dan batu asam urat, air kencing harus dialkalinisasi dengan cara banyak makan sayuran dan buah-buahan, mengkonsumsi suplemen sitrat, atau minum air mineral alkali”

3. AAFP merupakan salah satu organisasi kedokteran terbesar di Amerika Serikat, telah berdiri sejak tahun 1947, dan beranggotakan lebih dari 150 ribu dokter. Pengakuan secara resmi akan manfaat air alkali kaya hidrogen oleh organisasi ini merupakan hal yang penting dan besar maknanya.

 

HIDROGEN: MANFAAT TERBESAR DARI AIR ALKALI TERIONISASI

1. Dalam proses pembuatan air alkali yang kaya antioksidan ini, ternyata diproduksi molekul hidrogen dalam jumlah yang melimpah.

2. Setelah tahun 2007, mayoritas peneliti menemukan fakta penting bahwa yang paling bermanfaat dari air alkali terionisasi adalah komponen molekul hidrogennya. Penelitian lanjutan membuktikan bahwa molekul hidrogenlah yang ternyata memiliki efek antioksidan. Tidak hanya itu, hidrogen juga ternyata memiliki efek anti-radang (anti-inflamasi), anti-alergi, anti-apoptosis (anti-bunuh diri sel), anti-obesitas, anti-kanker, anti-kolesterol, dan berbagai manfaat lainnya.

3. Setelah diteliti, berbagai air-air alami di muka bumi, seperti air Nordenau, Lourdes, dan Hita Tenryosui juga mengandung molekul hidrogen dalam jumlah yang melimpah.

4. Tentang manfaat hidrogen dalam air alkali terionisasi ini, disimpulkan oleh Profesor Lee, Presiden dari Korean Water Society sebagai berikut: “

“Sekitar 17 tahun yang lalu saya mulai mempelajari air alkali terionisasi dan mempublikasikan artikel ilmiah tentang efek antioksidan, antikanker, dan antidiabetesnya, tapi tidak begitu memahami bagaimana air ini bekerja. Hal ini sulit untuk dipercaya. Setelah meneliti lebih dalam, saya sekarang memastikan bahwa manfaat dari air alkali terionisasi disebabkan oleh gas hidrogen yang diproduksi selama proses elektrolisisnya. Semakin saya meneliti dan belajar tentang hidrogen ini, semakin berdedikasi dan bersemangat saya dalam mengedukasi dan menolong orang banyak.”

 

KEAMANAN JANGKA PANJANG

1. Selama puluhan tahun digunakan oleh ratusan ribu keluarga sejak tahun 1966, kalangan medis dan Pemerintah Jepang tidak menemukan adanya efek samping yang berbahaya.

2. Karena terbukti aman dan bermanfaat, di tahun 1994 Depkes Jepang mendorong terbentuknya Functional Water Foundation, dilanjutkan dengan Japanese Society of Functional Water di tahun 2001, yang melakukan berbagai penelitian mengenai manfaat air hidrogen untuk kesehatan manusia.

3. Dalam situs resmi Association of Alkaline Ionized Water Apparatus Jepang tentang keamanan mesin elektrolisis (mesin water ionizer) diungkapkan bahwa dari hasil riset kerjasama Fakultas Kedokteran Universitas Kyoto dan Fakultas Teknik Universitas Shiga Prefectural, disimpulkan bahwa elektroda, membran, dan promotor elektrolisis serta produk yang dihasilkan (air alkali terionisasi) menunjukkan bahwa tidak ditemukan masalah prinsip dalam penggunaannya.

4. Khusus tentang airnya dikatakan bahwa sejak air alkali terionisasi mendapat persetujuan sebagai metode kesehatan, air ini telah digunakan di pasaran selama lebih dari 30 tahun. Meskipun tidak ditemukan laporan dalam hal masalah keamanannya, penelitian yang berkelanjutan mengenai keamanan, tes properti fisik, dan tes toksisitas sebelum melakukan uji klinis harus terus dilakukan.

 

KEAMANAN MOLEKUL HIDROGEN MENURUT MOLECULAR HYDROGEN INSTITUTE (MHI).

1. MHI merupakan lembaga ilmiah independen yang bertujuan membantu mengembangkan riset, pendidikan, dan kesadaran tentang hidrogen sebagai gas medis untuk terapi.

2. Menurut lembaga ini, sampai saat ini tercatat lebih dari 1000 penelitian dan artikel ilmiah di berbagai jurnal terkemuka di dunia kedokteran yang meneliti tentang manfaat air ini pada lebih dari 170 penyakit pada manusia.

3. Ketika membahas mengenai keamanan penggunaan molekul hidrogen di bidang kesehatan, MHI dalam salah satu artikel di situsnya mengungkap bahwa berbagai studi tentang hidrogen bukan hanya menunjukkan aksi terapi dari molekul hidrogen, tapi juga menunjukkan keamanannya.

4. Hidrogen sangat alamiah bagi tubuh kita karena kita terpapar hidrogen setiap hari sebagai akibat dari metabolisma normal bakteri di usus. Selain itu, gas hidrogen juga digunakan sejak tahun 1940 dalam kegiatan selam laut-dalam untuk menghindari penyakit karena kelainan dekompresi.

5. Ratusan studi terhadap manusia terkait penyelaman laut-dalam menunjukkan bahwa menghirup gas hidrogen untuk tujuan terapi sangat diterima oleh tubuh tanpa menimbulkan dampak-dampak keracunan jangka panjang.

6. Ratusan studi terkait hidrogen, sebagai produk bakteri, untuk penyelaman laut dalam, dan untuk tujuan medis yang dilakukan akhir-akhir ini, tidak menunjukkan adanya efek-samping yang membahayakan terkait penggunaan hidrogen pada tingkatan-tingkatan biologis untuk tujuan terapi.

 

PENUTUP

Demikian dasar ilmiah penggunaan air kaya hidrogen di bidang kesehatan, serta dasar ilmiah keamanan jangka panjangnya. Semoga tulisan ini bisa menjadi salah satu referensi penggunaan air alkali kaya hidrogen yang lebih luas bagi kesehatan masyarakat di Indonesia.

Andi Pratama Dharma

(Penulis adalah dokter Spesialis Penyakit Dalam, Koordinator Pusat Komunitas Air Hidrogen For Indonesia (KAHFI) dan Koordinator Gerakan Nasional “Hydrogen for All”, suatu komunitas jejaring edukasi sekaligus kampanye nasional yang bertujuan menghadirkan hidrogen berkualitas dengan harga terjangkau untuk seluruh rakyat Indonesia).

 

Setia Kangen Water Bali telah diuji oleh penderita gagal ginjal dan kesaksian mereka sama semua, jadi bisa minum air lebih banyak dan keadaan ginjal mempunyai perubahan yang lebih baik, silahkan klik untuk melihat kesaksian mereka

 

Silahkan klik link ini untuk melihat beberapa kesaksian pelanggan depo Setia Kangen Water Bali

 

Silahkan klik link ini untuk melihat sertifikat kesehatan depo Setia Kangen Water Bali

 

Silahkan klik link ini untuk melihat beberapa contoh instalasi depo Setia Kangen Water Bali

 

Silahkan klik link ini untuk melihat penjelasan kangen water oleh dokter dari berbagai negara

 

Silahkan klik link ini untuk melihat kumpulan demo mesin kangen water

 

Silahkan klik link ini untuk berlangganan Setia Kangen Water Bali untuk keluarga anda tercinta